Sukses

JK: Pilkada Jatim Menarik, Dua Kader NU Bertarung

Kendati, JK enggan menjawab, saat ditanya siapa yang punya kans duduk di kursi Jatim 1.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan Pilkada Jawa Timur 2018 akan berjalan menarik. Sebab, dua tokoh yang mempunyai kedekatakan dengan Nahdlatul Ulama (NU) bakal bertarung.

Dua tokoh itu Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, yang sama-sama menyatakan akan maju pada Pilkada Jatim.

"Kalau bicara Jatim, ini menarik. NU sama NU. Jadi nanti persaingannya betul-betul itu, head to head betul itu nanti yang terjadi," kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Kendati, politikus senior Partai Golkar itu enggan menjawab, saat ditanya siapa yang punya kans duduk di kursi Jatim 1.

"Serahkan ke rakyat Jawa Timur memilih sendiri ya," tegas JK.

Dia menegaskan, isu DKI tak akan berdampak di Jawa Timur. Sebab, yang bertarung mereka yang mendapat dukungan dari kaum agama. Menurutnya tak ada celah untuk membuat isu miring keduanya.

"Gimana mau bawa isu Jakarta, dua-duanya NU. Bingung mau bikin isu apa. Saya kira itu tidak akan terjadi. Karena semua yang dua-duanya, Azwar (Bupati Banyuwangi) NU juga. Jadi mau bikin apa, NU juga," pungkas JK.

Gus Ipul yang kini dicalonkan PDIP sebagai cagub di Pilkada Jatim 2018, merupkan Ketua Umum GP Ansor dua periode, yakni 2000-2005 dan dilanjutkan 2005-2010. Dia juga pernah terlibat di PBNU di bawah kepemimpinan KH Said Aqil Siraj.

Kedakatan dengan NU juga tak jauh beda dengan Khofifah. Dia empat kali menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU. Bahkan jabatan itu masih diemban hingga sekarang (2016-2021).

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Partai Politik

PDIP beberapa hari lalu resmi mendukung Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon gubernur pada Pilkada Jatim 2018.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga memasangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai cawagub Jatim, mendampingi Gus Ipul.

Sementara, Khofifah telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem dan Golkar. Menteri Sosial itu juga mulai mendapat sinyal dukungan dari Partai Demokrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.