Sukses

Persiapan Balai Kota Sambut Kedatangan Anies-Sandi

Usai pelantikan, Anies dan Sandi akan menuju Balai Kota DKI Jakarta. Bagaimana persiapan Balai Kota menyambut keduanya?

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode 2017-2022. Keduanya akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 16.00 WIB.

Usai pelantikan, Anies dan Sandi akan menuju Balai Kota DKI Jakarta. Di kantor barunya itu, keduanya akan melakukan sejumlah rangkaian acara.

"Di Balai Kota ada serah terima jabatan. Lalu magrib, break. Jam 19.00 WIB dilanjutkan sidang paripurna DPRD dan pukul 21.00 WIB, dilanjutkan acara bersama rakyat," ujar Anies di Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Senin (16/10/2017), Balai Kota sudah mulai bersolek menyambut kehadiran Anies-Sandi. Di Blok G, terlihat panggung besar yang sudah berdiri. Panggung yang didominasi warna merah putih itu sudah dilengkapi dengan karpet merah yang membentang di depannya. Sementara kursi yang digunakan untuk para undangan masih belum terpasang.

Nantinya panggung tersebut akan digunakan untuk pidato Anies Baswedan. Usai itu, di tempat yang sama juga akan dihadirkan pertunjukan seni musik untuk menghibur warga yang hadir.

Suasana Balai Kota DKI Jakarta jelang pelantikan Anies - Sandi. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Selain itu, sejumlah ruangan di kantor Anies-Sandi juga telah dicat ulang. Balai Kota pun kini terlihat putih dari sebelumnya, termasuk di bagian ruangan gubernur. Wallpaper di tempat tersebut sudah berganti, meski belum terpasang poto Anies dan Sandi.

Karangan bunga juga meramaikan lokasi depan Balai Kota, Jakarta. Beragam ucapan selamat disampaikan warga. Mereka meminta Anies-Sandi dapat menunaikan janji-janji saat kampanye lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Pasti Berjalan

Mendekati hari pelantikan, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan masih enggan ditanya terkait program kerja yang akan dilakukan bersama wakilnya, Sandiaga Uno. Dia menegaskan hal itu akan disampaikan setelah dilantik di Istana pada 16 Oktober 2017.

"Program nanti dong nanyanya. Nanti aja. Jadi program kita bicara sesudah pelantikan aja. Kita ingin memastikan apa yang kita janjikan sampai dengan pelaksanaan berjalan semuanya," ucap Anies saat ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 12 Oktoebr 2017.

Kendati demikian, Anies mengungkapkan bahwa ia dan wakilnya, Sandiaga Uno akan fokus pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 pada 45 hari pertama mereka resmi memimpin ibu kota. Menurut dia, penyusunan RAPBD dengan baik akan menentukan pelaksanaan program Pemprov DKI.

"Karena itu 45 hari pertama kita, 45 hari yang menentukan. Karena di situlah slot untuk memastikan semua masuk (dalam anggaran)," ujar Anies.

Dia pun ingin memastikan anggaran semua program Pemprov DKI nantinya masuk dalam RAPBD 2018. Tugas itu dapat terbantu dengan kerja tim sinkronisasi Anies-Sandi selama berbulan-bulan sebelum pelantikan.

"Alhamdulillah dengan ada waktu, tim sinkronisasi me-review semuanya. Udah keliatan. Ada yang sudah dimasukkan dan ada yang belum. Kenapa banyak yang belum? Karena kita belum memiliki otoritas. Jadi kita tidak bisa menentukan, tetapi besok kita sudah kerja kita akan panggil semuanya dan pastikan bahwa semua yang menjadi program kita akan berjalan," jelas Anies.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.