Sukses

PKS Beri Sinyal Dukung Saifullah Yusuf di Pilgub Jatim

Menurut Mardani, para kader PKS Jatim nanti yang akan mengumumkan dukungan untuk Saifullah Yusuf di Pilgub Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyampaikan, ada sinyal dukungan kepada Wagub Jatim Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018. Jika terjadi, artinya PKS akan merapat dan berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"PKS dengan Gus Ipul di antara yang sangat intens pembahasannya," tutur Mardani di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017).

Menurut Mardani, soal itu nanti para kader PKS Jatim yang akan mengumumkan niatan itu. Tapi memang, dia tidak memungkiri bahwa sosok Gus Ipul menjadi kandidat kuat untuk diusung.

"Yang saya dapat, informasi, interaksi dengan semua, yang hampir paling dekat dengan Gus Ipul," jelas dia.

Meski begitu, peluang mengusung tokoh lain tidak sepenuhnya tertutup. Masih ada kemungkinan PKS membangun poros koalisi dengan partai lainnya.

"Peluangnya kan masih sangat terbuka ya. Kalau sampai saat ini interaksi terdekat dengan Gus Ipul. Tetapi bahwa kemungkinan nanti ada perubahan bisa saja. Tapi sampai kemarin Gus Ipul yang terdekat," Mardani menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan Gus Ipul-Azwar Anas

PDIP menetapkan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jatim 2018.

Pengumuman ini disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017).

Dalam sambutannya, Megawati menyatakan, "Bagi PDIP, untuk mencari pasangan calon, bukan mempergunakan alasan politik praktis. Bukan gampang saja, asal ada nama. Dari pengalaman saya, yang paling penting bisa menjalankan pemerintahan dengan baik."

Jelang pengumuman ini, Megawati Soekarnoputri memanggil sejumlah kader partai di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 14 Oktober 2017.

Mereka yang hadir Bupati Trenggalek Emil Dardak, Bupati Ngawi Budi "Kanang" Soelistyono, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.