Ini Perkiraan Harga Mobil yang Jadi Kendaraan Dinas Anies-Sandi

Oleh Rezki Apriliya Iskandar pada 12 Okt 2017, 15:49 WIB
KPU Tetapkan Anies - Sandi Sebagai Pemenang Pilkada DKI 2017

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 16 Oktober 2017, mendatang.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) Mawardi mengungkapkan, beberapa fasilitas akan diterima keduanya setelah resmi menjabat. Salah satu fasilitas yang akan mereka terima adalah mobil dinas.

Mawardi mengatakan, ia mengajukan pengadaan mobil dinas merek Toyota Land Cruiser untuk dipakai Anies-Sandi selama menjabat nanti.

"Sama dengan era Basuki-Djarot. Kita mintakan yang terbaru (jenis Land Cruisernya)," kata Mawardi saat ditemui di sela proses fitting pakaian dinas Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Namun, ia enggan membeberkan jumlah anggaran yang dikeluarkan Pemprov untuk kedua mobil itu. Mawardi mengaku tidak paham.

"Kami hanya mengajukan kendaraan saja," katanya.

Liputan6.com mencari tahu kisaran harga jenis kendaraan dinas yang akan digunakan Anies-Sandi di www.toyota.astra.co.id. Model Toyota Land Cruiser tahun 2017 terdapat dua jenis: tipe 200VX dan 200 VR. Harga on the road-nya untuk wilayah DKI Jakarta berkisar Rp 1,9 - 2,2 miliar.

Land Cruiser 2017 tipe 200 VX: Rp 1.944.500.000

Panjang 4,9 meter

Lebar 1,9 meter

Tinggi 1,9 meter

Cc 4,461

 

Land Cruiser 2017 tipe 200 VXR: Rp 2.280.800.000

Panjang 4,9 meter

Lebar 1,9 meter

Tinggi 1,9 meter

Cc 4,461

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

1 of 2

Diajukan Sejak Lama

Mawardi menyatakan pengadaan mobil untuk gubernur dan wakil gubernur baru sudah dilakukan sejak lama. Ia mengajukan permintaan ke Badan Pengelola Aset Daerah sejak Pilkada DKI dimulai.

"Mengajukan sudah lama, saat pilkada. Iya, itu mungkin masuk dalam APBDP (2017). Kita harapkan secepatnya. Dua-duanya Land Cruiser," ungkapnya.

Untuk sementara, Anies-Sandi akan menggunakan mobil dinas yang sudah ada. Mobilnya baru akan diganti bila kendaraan pesanan telah tiba. 

Namun, di sisi lain, Anies mengatakan tetap akan memakai mobil yang sudah dipakai gubernur sebelumnya, Djarot Saiful Hidayat.

"Yang sudah ada kita pakai. Enggak (mengusulkan mobil yang baru), tetep aja. Kita pake (mobil merek) Kijang aja kayak biasanya," pungkas Anies.

Lanjutkan Membaca ↓
Hon ThungHon Thung

.

Henry SaputraHenry Saputra

widih mahal sekale......

Dominggus LatuputtyDominggus Latuputty

kiranya warga jakarts sadar supaya dapat. kita

Lihat Lainnya