3 Persiapan Anies Baswedan Jelang Pelantikan Gubernur DKI

Oleh Rezki Apriliya IskandarYusron Fahmi pada 12 Okt 2017, 10:06 WIB
20170215-Anies Baswedan dan Keluarga Mencoblos TPS 28-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 16 Oktober 2017, DKI Jakarta akan punya gubernur dan wakil gubernur baru. Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan memimpin Ibu Kota hingga lima tahun ke depan, (2017-2022).

Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan pelantikan gubernur baru DKI Jakarta akan dilakukan Senin, 16 Oktober di Istana Kepresidenan. 

Lantas, apa yang dilakukan Anies Baswedan jelang hari H pelantikan tersebut? Berikut tiga persiapan Anies jelang pelantikan:  

1. Doa

Berdoa menjadi hal pertama yang dilakukan Anies menyambut jabatan barunya sebagai Gubernur DKI. Dia dan keluarga hanya berdoa agar diberikan kekuatan dalam menjalankan amanah yang diterimanya.

"Berdoa banyak, bukan syukuran, tapi selametan biar selamat lima tahun ke depan," ucap Anies di Gedung DPRD DKI, Senin, 10 Oktober 2017.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memastikan akan mengajak ibundanya, Aliyah Rasyid, yang datang dari Yogyakarta untuk ikut hadir di pelantikannya nanti.

"Ibu datang hari ini," ujar Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 of 2

2. Jaga kesehatan

Selain doa, Anies juga menjaga kesehatan agar bisa memimpin Jakarta hingga lima tahun ke depan dengan baik.

"‎Belum ada yang khusus. Sekarang kita jaga kesehatan sehingga nanti bisa m‎enjalankan dengan baik," ujar Anies usai menjadi pembicara di Gedung Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Oktober 2017.

Dia mengatakan, belum ada rencana mau sowan atau menemui para Gubernur DKI Jakarta terdahulu. Dia mengaku belum memikirkannya.

"‎Belum ada, kita menunggu kabar aja," jawab Anies Baswedan.

3. Siapkan Program

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan memberi keterangan saat mengelar konferensi Pers di Rumah Borobudur, Jakarta, Senin (15/5). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Tim Pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, mengatakan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tengah sibuk menata program kerja sebelum dilantik.

"Sampai menjelang Oktober keduanya ngejar merapikan program, tim dan kerangka kerja," ujar Mardani di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017 lalu.

Saat ini, kata Mardani, Anies jarang tampil ke publik lantaran harus ke luar kota, sementara Sandiaga bertugas untuk tetap di Jakarta.

"Aman saja, bagi tugas. Mas Anies sedang mengunjungi beberapa lokasi di luar kota. Bang Sandi yang jagain (Jakarta)," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓