Anies-Sandi Undang Partai Pendukung dan Relawan di Pelantikan

Oleh Devira Prastiwi pada 12 Okt 2017, 07:45 WIB
Anies - Sandi Unggul Sementara, Prabowo Sampaikan Terima Kasih ke Rakyat Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih periode 2017-2022 Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno akan dilantik pada Senin 16 Oktober 201. Meski begitu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengaku belum menerima undangan pelantikan Anies-Sandi.

"Saya sih belum (terima undangan pelantikan Anies-Sandi)," ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Meski begitu, dia mengaku tak masalah karena dirinya yang juga Wakil Ketua DPR akan menghadiri pertemuan Parlemen Dunia di Rusia.

"Kebetulan saya juga memang tidak bisa karena saya besok harus memimpin pertemuan Parlemen Dunia di Rusia. Jadi saya tidak bisa menghadiri kalau pun diundang," papar Fadli.

Dia juga mengaku tak tahu apakah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah menerima undangan pelantikan Anies-Sandi.

"Belum tahu juga saya apakah sudah ada undangan atau belum, tapi pasti diundanglah," kata dia.

Fadli menilai, Anies-Sandi pasti nantinya akan mengundang partai-partai pengusung dan relawan-relawan saat pelantikan Senin mendatang.

"Saya kira partai-partai pendukung, para tokoh-tokoh relawan apa yang terkait, walaupun tidak semuanya yah, tapi pasti diundanglah," tutup Fadli.

Seperti diketahui, pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno menang dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua 19 April 2017 menang dengan perolehan 3.240.332 suara atau 57,95 persen dari total suara sah.

Sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat meraih 2.351.245 suara atau 42,05 persen dari total suara. Total suara sah adalah 5.591.577 suara yang tersebar di 13.034 tempat pemungutan suara (TPS).

1 of 2

Terakhir Dilantik

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan pelantikan terakhir untuk kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

"Tinggal satu saja ini dari Pilkada Serentak kemarin. Tinggal DKI saja, yang lainnya sudah," kata Tjahjo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Tjahjo mengatakan, pelantikan tetap akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi pada Senin 16 Oktober 2017.

"Karena tidak boleh mengurangi masa jabatan gubernur. Jadi nanti dilantik di Istana Negara seperti yang Yogyakarta kemarin," tegas Tjahjo.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono menjelaskan, dalam acara pelantikan, para kepala daerah menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

Sumarsono menyatakan, undangan untuk Pemprov DKI Jakarta dan gubernur dan wakil gubernur terpilih akan diserahkan hari kedua sebelum pelantikan.

"Habis pelantikan gubernur baru harus ada tanggung jawab untuk serah terima jabatan dengan gubernur lama," jelas Sumarsono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta Pusat, Rabu 4 Oktober 2017.

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓