Usai Dilantik, Anies-Sandi ke Balai Kota Disambut Tanjidor

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 11 Okt 2017, 15:52 WIB
Pilkada DKI 2017

Liputan6.com, Jakarta - Ketua tim komunikasi Anies-Sandi, Nauf Firman, membeberkan urutan acara pelantikan pasangan gubernur terpilih DKI Jakarta. Dia mengungkapkan, acara akan mulai dilangsungkan pukul 16.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

"Pelantikan akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB di Istana Negara. Setelah di Istana, mereka akan ke Balai Kota dengan menggunakan mobil dinas," ujar Naufal di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Dia menambahkan, kedatangan Anies-Sandi ke Balai Kota akan disambut meriah. Para pemain tanjidor akan memainkan keseniannya dengan apik di pintu gerbang Balai Kota DKI.

Sementara untuk proses serah terima jabatan antara Gubernur Djarot dengan gubernur terpilih Anies Baswedan akan berlangsung di Balai Agung.

"Ini hanya serah terima, lalu Pak Djarot diantar ke Pendopo Balai Kota untuk meninggalkan lokasi," ucap dia.

Setelah prosesi itu rampung, dua pemimpin DKI terpilih ini siap menyapa warga. Mereka terlebih dahulu akan sowan ke kantor DPRD DKI.

"Pukul 18.45 WIB, mereka akan jalan ke DPRD lewat pintu samping. Di DPRD, Pak Anies akan menyampaikan pidato pertama sebagai gubernur di depan paripurna," terang dia.

Selanjutnya, Anies-Sandi direncanakan menyapa warga di lapangan Balai Kota. Keduanya akan menyapa para pendukung.

 

1 of 2

Terakhir Dilantik

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan pelantikan terakhir untuk kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

"Tinggal satu saja ini dari Pilkada Serentak kemarin. Tinggal DKI saja, yang lainnya sudah," kata Tjahjo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Tjahjo mengatakan, pelantikan tetap akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi pada Senin, 16 Oktober 2017.

"Karena tidak boleh mengurangi masa jabatan gubernur. Jadi nanti dilantik di Istana Negara seperti yang Yogyakarta kemarin," ujar Tjahjo.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono menjelaskan, dalam acara pelantikan, para kepala daerah menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

Sumarsono menyatakan, undangan untuk Pemprov DKI Jakarta dan gubernur dan wakil gubernur terpilih akan diserahkan hari kedua sebelum pelantikan.

Lanjutkan Membaca ↓