Anies Jadi Gubernur Hasil Pilkada 2017 yang Terakhir Dilantik

Oleh Ika Defianti pada 11 Okt 2017, 13:13 WIB
20170127-Cagub-Saling-Lempar-Pertanyaan-FF

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan pelantikan terakhir untuk kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

"Tinggal satu saja ini dari Pilkada Serentak kemarin. Tinggal DKI saja, yang lainnya sudah," kata Tjahjo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Tjahjo mengatakan, pelantikan tetap akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi pada Senin 16 Oktober 2017.

"Karena tidak boleh mengurangi masa jabatan gubernur. Jadi nanti dilantik di Istana Negara seperti yang Yogyakarta kemarin," tegas Tjahjo.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono menjelaskan, dalam acara pelantikan, para kepala daerah menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

Sumarsono menyatakan, undangan untuk Pemprov DKI Jakarta dan gubernur dan wakil gubernur terpilih akan diserahkan hari kedua sebelum pelantikan.

"Habis pelantikan gubernur baru harus ada tanggung jawab untuk serah terima jabatan dengan gubernur lama," jelas Sumarsono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta Pusat, Rabu 4 Oktober 2017.

 

1 of 2

Pelantikan Kepala Daerah

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik lima kepala daerah ditambah satu wakil gubernur hasil Pilkada Serentak pada Jumat 12 Juni 2017.

Para kepala daerah yang dilantik yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Idris Rahim, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar.

Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Erzaldi dan Abdil Fatah, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani, serta Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Amar AmarAmar Amar

semoga bisa mengusut tuntas korupsi gubernur sebelumnya

Amar AmarAmar Amar

semoga bisa mengusut tuntas korupsi gubernur sebelumnya

Iwan WijayaIwan Wijaya

selamat smoga menjadi ikon pemimpin islami yg amanah.Amiiin

Lihat Lainnya