Sukses

Dalam Sehari, Jabar Selatan Dikepung Banjir dan Longsor

Basarnas telah menerjunkan sedikitnya 4 tim dengan bantuan 150 anggota.

Liputan6.com, Garut- Hujan yang turun sejak Jumat hingga Sabtu petang, menyebabkan beberapa kota-kabupaten di Jawa Barat bagian selatan terendam banjir dan longsor. Daerah tersebut mulai dari kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Garut, Kabupaten Tasik, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

Juru bicara Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor mengatakan, sedikitnya enam kabupaten di wilayah Jawa Barat bagian selatan mengalami bencana banjir dan longsor.

"Daerah terdampak longsor dan banjir paling luas berada di kabupaten Pangandaran, ada empat korban jiwa akibat longsor," ujarnya kepada Liputan6.com, Sabtu (7/10/2017).

Untuk membantu proses evakuasi di lapangan, lembaganya telah menerjunkan sedikitnya 4 tim dengan bantuan 150 anggota potensi SAR yang siap dilibatkan kapan pun saat bencana menghadang.

"Mereka gabungan tim dari basarnas, TNI-Polri, pemerintah setempat dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Berdasarkan catatan  hingga petang, data banjir dan longsor yang diperoleh dari Basarnas Jawa Barat antara lain meliputi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kabupaten Sumedang

Banjir kembali menggenangi kawasan pabrik tekstril terbesar di Asia Tenggara, Kahatex. Akibatnya, antrean kendaraan terjadi di dua arah yang menuju Garut dan Bandung. Begitu pun sebaliknya, mengalami kemacetan total.

Garut

Sebuah longsor terjadi di wilayah Desa Sancang kecamatan Cibalong. Tebing setinggi 10 meter, mengalami longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun akses jalan menuju desa terhambat.

Kabupaten Tasikmalaya

Hujan deras yang turun dari malam hingga pagi mengakibatkan meluapnya sungai Dalemsuba. Akibatnya beberapa rumah warga di kampung Cikareo RT 06 RW 03 Kelurahan Purbaratu Kecamatan Purbaratu terendam banjir dan lumpur. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun arus lalu lintas menuju Tasik bagian selatan terhambat.

Pun demikian jebolnya saluran irigasi aliran sungai Dalemsuba Kampung Cinyompet RT 04 RW 03 Kelurahan Setianagara Kecamatan Cibeureum, menyebabkan kerusakan beberapa kolam dan pesawahan milik warga.

Kabupaten Ciamis

Hujan yang terjadi sejak Jumat petang merobohkan jembatan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya Desa Cikaso, Desa Tanjungsari dan Desa Langkapsari terisolir, sementara jalur akses transportasi warga mesti berputar hingga 10 kilometer akibat bencana runtuhnya jembatan pengubung antar desa itu.

 

3 dari 3 halaman

Kabupaten Pangandaran

Kabupaten paling muda di wilayah Jawa Barat bagian selatan mendapatkan bencana banjir dan longsor paling parah. Sedikitnya 15 titik banjir dan 2 titik longsor di beberapa kecamatan merendam Pangandaran hingga Sabtu petang.

Bahkan khusus bencana longsor di Dusun Sangkanbawang RT. 019/ RW 008 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih. Dampak bencana menyebabkan 1 rumah milik Rusman yang berisi 7 jiwa menjadi korban. Bahkan 4 jiwa di antaranya meninggal dunia.

Di tengah masih tingginya intensitas hujan hingga beberapa pekan ke depan, Basarnas mengingatkan seluruh masyarakat di area zona merah bencana seperti tebing tinggi, aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaannya.

"Kalau bisa jauhi tebing tinggi saat hujan, termasuk sungai yang bisa berpotensi meluap sewaktu-waktu," ujar Joshua menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.