Sukses

Kirab Grebeg Pedagang Pasar Meriahkan HUT Kota Yogyakarta

Peringati HUT Kota Yogyakarta ke-261, ribuan pedagang pasar tradisional di yogyakarta menggelar kirab grebeg pasar.

Fokus, Yogyakarta - Kirab grebeg pasar digelar ribuan pedagang dari seluruh pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Selain menampilkan berbagai kreasi seni, dalam kirab yang diawali dari Pasar Beringharjo ini, para pedagang juga membuat dan mengusung gunungan berisi barang-barang dagangan. Mulai dari sayuran dan buah, kerajinan tangan, hingga barang bekas.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (6/10/2017), setelah menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer, tibalah kirab ini di Pasar Ngasem. Saat yang ditunggu-tunggu warga pun tiba, di mana ribuan terlihat sudah menunggu untuk memperebutkan puluhan gunungan para pedagang tersebut.

Semua warga bersemangat dan tumpah ruah. Seperti Resti yang mengaku senang mendapat alat masak, meski harus berjuang melawan desak-desakan warga.

Sementara dari pihak pedagang, meski harus mengeluarkan biaya untuk membuat gunungan dan keperluan kirab, mereka tampak puas dan senang. Kegiatan gerebek pasar ini dianggap sebagai salah satu ajang promosi keberadaan pasar tradisional di tengah persaingan dengan pasar modern yang marak di Yogyakarta belakangan ini.

Selain itu, kirab gerebeg pasar ini juga digelar untuk memperingati HUT Kota Yogyakarta ke-261 yang puncaknya akan jatuh pada tanggal 7 Oktober besok.