Sukses

Ribuan Umat Syiah Peringati Hari Asyura di Karbala

Ratusan ribu orang berpakaian serba hitam berparade sambil melukai tubuh mereka, sebagai tanda berduka atas wafatnya Imam Husein.

Liputan6.com, Karbala - Ratusan ribu warga Syiah memperingati Hari Asyura di Kota Karbala, Irak. Mereka datang dari sejumlah negara seperti Iran, Bahrain, dan Lebanon.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (2/10/2017), Karbala adalah makam Iman Husein yang wafat pada 680 Masehi. Hari tersebut menjadi yang paling dikenang dalam Syiah.

Sementara, ribuan personel keamanan dikerahkan guna melindungi peziarah dari ancaman serangan ISIS. Sebab, kelompok radikal tersebut masih menguasai sebagian wilayah Irak.

Tak hanya itu, peringatan Hari Asyura juga berlangsung di Iran. Ratusan ribu orang berpakaian serba hitam berparade sambil melukai tubuh mereka sebagai tanda berduka. Prosesi itu merupakan puncak rangkaian hari tersuci dalam kalender Syiah, Tasua dan Asyura.

Tasua dan Asyura, hari ke-9 dan ke-10 bulan Muharam adalah dua hari berkabung Syiah. Sedangkan puncaknya adalah pada Hari Asyura.