Sukses

Ada Aksi 299, Cek Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPR

Unjuk rasa yang dinamai Aksi 299 ini dimotori Presidium Alumni 212.

Liputan6.com, Jakarta - Massa dari berbagai elemen masyarakat bakal menggelar unjuk rasa di sekitar Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta pada Jumat 29 September besok. Unjuk rasa yang dinamai Aksi 299 ini dimotori Presidium Alumni 212.

Agar kegiatan penyampaian pendapat di muka umum itu tidak berbenturan dengan aktivitas masyarakat, polisi pun menyiapkan sejumlah pengamanan aksi 299 tersebut. Di antaranya dengan menerapkan rekayasa arus lalu lintas di sekitar lokasi.

"Rekayasa disiapkan agar keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas tetap terjaga dan kinerja lalu lintas tetap maksimal," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Budiyanto menuturkan, rekayasa lalu lintas dilakukan dalam bentuk pengalihan dan sistem buka tutup. Rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi Aksi 299 juga bersifat situasional.

"Dilaksanakan fleksibel melihat perkembangan situasi di lapangan. Pengendalian arus lalu lintas akan dilaksanakan di RTMC (Regional Traffic Management Center)," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR-MPR, Senayan:

1. Pada saat massa sudah berkumpul di depan Gedung DPR-MPR, jalur sepanjang Jalan Gatot Subroto atau depan Gedung DPR-MPR, diusahakan tetap ada ruang atau lajur untuk kegiatan lalu lintas sambil mengimbau masyarakat tidak menutup jalan.

2. Apabila terjadi kemacetan (crodit) di depan Gedunh DPR-MPR, disiapkan rekayasa dalam bentuk alih arus sebagai berikut:

a. Arus lalu lintas dari Cawang arah Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda - Palmerah - Permata Hijau atau ke Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

b. Arus dari Lapangan Tembak arah Slipi diluruskan ke Layang Farmasi - Benhil - Penjernihan - Pejompongan - Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

c. Arus lalu lintas keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan keluar Slipi Jaya.

d. Arus lalu lintas dalam tol yang keluar atau off ramp Senayan diluruskan keluar Semanggi.

e. Off ramp (keluar tol Polda) dilakukan buka tutup.

Saksikan tayangan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.