Sukses

Jokowi Salurkan Rp 7,2 M untuk Pengungsi Gunung Agung

Jumlah warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Agung, yang terdata 59.820 jiwa. Mereka tersebar di lima kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas Gunung Agung yang bisa memuntahkan lava panasnya kapan saja, membuat warga Bali yang tinggal di sekitar pegunungan itu mengungsi ke tempat aman.

Guna memastikan dan memberikan perlindungan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi para pengungsi hari ini. Dalam kunjungan ini, Jokowi menyerahkan bantuan Rp 7,2 miliar.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat menjelaskan, bantuan itu berupa matras sebanyak 18.230 lembar, masker 520.000 lembar, beras 12 ton, ember 2.000 buah, gayung 2.000 buah, dan kidsware 1.100 paket.

"Bantuan itu didistribusikan ke kantong-kantong pengungsian. Selain mendirikan dapur umum, serta menyiapkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP)," kata Harry saat mendampingi Presiden meninjau lokasi pengungsian di Bali, Selasa (26//9/2017).

Harry menambahkan, jumlah pengungsi yang terdata 59.820 jiwa, tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kulungkung, Kabupaten Karang Asem, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, dan di Kota Denpasar.

Kementerian Sosial sendiri telah mengerahkan sumber daya manusia baik dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten, Taruna Siaga Bencana, maupun pilar sosial lainnya se-Provinsi Bali dan provinsi yang berdekatan, yaitu NTB dan Jawa Timur.

Kemensos juga sudah menyalurkan berbagai bantuan logistik untuk pengungsi terkait erupsi Gunung Agung senilai Rp 4,8 miliar. Bantuan berupa bahan makanan, tenda, dan perlengkapan pengungsian.

Dalam keterangan tertulis Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, disebutkan Kemensos juga sudah menyiapkan 42 kendaraan siaga bencana. Sepuluh di antaranya mobil Dapur Umum Lapangan (Dumlap).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Jokowi

Saat bertemu pengungsi, Presiden Jokowi meminta agar warga mematuhi instruksi pemerintah setempat terkait situasi gunung yang telah berstatus Awas itu.

"Saya meminta kepada seluruh warga di sekitar Gunung Agung untuk patuh pada seluruh instruksi petugas, gubernur, bupati, BNPB," ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya memantau posko pengungsian, Selasa (26/9/2017).

Jokowi menginginkan agar dampak erupsi Gunung Agung dapat diminimalisasi. Yang terpenting, kata Jokowi, keselamatan warga tetap menjadi prioritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Agung berpotensi meletus, saat ini statusnya meningkat ke Level IV atau tertinggi, menandakan erupsi kemungkinan besar akan terjadi.
    Gunung Agung berpotensi meletus, saat ini statusnya meningkat ke Level IV atau tertinggi, menandakan erupsi kemungkinan besar akan terjadi.

    Gunung Agung Meletus

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gunung Agung