Sukses

Nikah Massal di Atas Mobil Damkar Diklaim Pertama di Dunia

Mahar pengantin berupa pembacaan teks Pancasila dan seperangkat alat salat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berbeda dengan biasanya, nikah bareng atau pernikahan massal digelar di atas mobil pemadam kebakaran milik pemkot setempat di Jalan Malioboro, Yogyakarta, pada Selasa siang, 26 September 2017.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (26/9/2017), diawali dari halaman Pemkot Yogyakarta, arak-arakan pengantin ini berakhir di depan Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro.

Tak hanya arak-arakan, proses pernikahan delapan pasang pengantin juga menarik perhatian warga, karena dilakukan di atas mobil pemadam kebakaran tersebut.

Meski baru pertama kali dan tanpa persiapan khusus, tidak terlihat perasaan takut mewarnai wajah mereka, karena tergantikan perasaan bahagia bisa bersanding dengan pujaan hatinya.

Mereka bahkan mengaku merasa bangga karena tanpa menyebar undangan, banyak warga yang menyaksikan dan menghadiri prosesi pernikahan mereka.

Nikah bareng di atas mobil pemadam kebakaran yang baru pertama kali di dunia ini, dilakukan sebagai upaya menghormati dan mengingatkan masyarakat, terkait jasa para pemadam kebakaran yang seringkali jadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana kebakaran di wilayah tersebut.

Selain dilakukan di atas mobil pemadam, keunikan lain dalam nikah bareng ini adalah mahar pengantin yang berupa pembacaan teks Pancasila dan seperangkat alat salat.

Diharapkan dengan dijadikan mahar atau maskawin, nilai-nilai Pancasila bisa menjiwai kehidupan mereka sehari-hari dan terus diwariskan pada anak cucunya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).