Sukses

Ribuan Pengungsi Gunung Agung Mulai Terserang Penyakit

Sejak beberapa hari terakhir, tercatat warga yang sakit telah mencapai lebih dari 3.000 orang.

Liputan6.com, Denpasar - Tinggal di pengungsian akibat status Awas atau level IV Gunung Agung, Bali, membuat ribuan pengungsi di posko pengungsian di GOR Sewaca Pura, Klungkung, Bali, terserang penyakit.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (26/9/2017), dari data petugas pos kesehatan, sejak beberapa hari terakhir tercatat warga yang sakit telah mencapai lebih dari 3.000 orang. Penyakit ISPA terutama menyerang lansia dan anak-anak.

Jumlah pengungsi Gunung Agung semakin banyak hingga Selasa sore ini. Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Bali, jumlah pengungsi lebih dari 75 ribu jiwa. Mereka tersebar di sembilan Kabupaten di Bali.

Pengungsi Gunung Agung juga membawa serta hewan ternak mereka. Salah satunya adalah I Wayan Alit. Warga Karangasem tersebut membawa hewan ternaknya dan dititipkan ke warga yang berjarak 1 kilometer dari posko pengungsi Sewaca Pura, Klungkung.

Sementara itu, kawasan yang dinilai rawan seperti Pura Besakih, yang berjarak kurang dari 6 kilometer dari kawah Gunung Agung, tampak sepi. Tanda ditutupnya kawasan wisata tersebut terpasang di pintu masuk.

Meski telah ditutup, masih ada saja wisatawan yang datang ke Pura Besakih. Mereka mengaku telah mendengar aktivitas vulkanik Gunung Agung yang meningkat, tapi tak tau adanya larangan untuk mengunjungi Pura Besakih.