Sukses

Jokowi Akan Resmikan Tol Bawean-Salatiga

Peresmian ini adalah agenda terakhir Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III: Bawen-Salatiga di Gerbang Tol Salatiga, Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Peresmian ini adalah agenda terakhir Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Jawa Tengah. Rencananya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan bersilaturahmi dengan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) di Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Presiden dan Ibu Iriana bertolak ke Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 07.30 WIB, Senin (25/9/2017).

Agenda berikutnya setelah bersilaturahmi, Presiden akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Siang harinya, Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Serta Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beroperasi Gratis

Ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer (km) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo resmi beroperasi pada Jumat ini (15 September 2017). Kabar baiknya, ruas tol ini beroperasi gratis.

"Dalam pengoperasiannya, untuk sementara tanpa tarif sampai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru di Jakarta.

Pengoperasian Ruas Bawen-Salatiga berdasarkan Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol Semarang-Solo Segmen III Bawen-Salatiga dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor : AJ.005/I/18/DJPD/2017 tanggal 24 Agustus 2017 dan Sertifikat Laik Operasi Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol nomor : JL.03.04-P/339 tanggal 14 September 2017.

Jalan Tol Semarang-Solo dikelola PT Trans Marga Jateng, yang merupakan konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

Pengoperasian seksi III : Ruas Bawen-Salatiga melengkapi pengoperasian seksi I : Ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 km pada bulan November 2011. Dan seksi II : Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 km pada bulan April 2014.

Saat ini PT Trans Marga Jateng sedang menyelesaikan pembangunan konstruksi Ruas Salatiga-Kartosuro, sepanjang 32,20 km, sehinggal nantinya total panjang Jalan Tol Semarang-Solo akan menjadi 72,64 km.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.