Sukses

Sosok di Balik Tebarkan Semangat Baca ke Anak Lewat Dongeng

Tidak hanya lantang, Roosie juga sangat memperhatikan intonasi dan artikulasi ketika membacakan suatu cerita.

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin akan kondisi rendahnya minat baca anak-anak di Indonesia, seorang ibu berusaha menyebarkan semangat membaca melalui dongeng dan aktivitas membaca bersama lewat Komunitas Reading Bugs.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (24/9/2017), Roosie Setiawan tengah mendongeng dan membacakan buku kepada cucunya dengan suara lantang. Dengan metode membaca lantang diharapkan tumbuhkan minat membaca pada anak.

Tidak hanya lantang, Roosie juga sangat memperhatikan intonasi dan artikulasi ketika membacakan suatu cerita. Metode ini dinamakan read aloud atau membacakan cerita dan suara dengan lantang.

Roosie termotivasi oleh pengalaman ketika mendidik dan membesarkan anak-anaknya lewat cerita dongeng yang dia bacakan. Dia merasakan langsung dampak positif terhadap perkembangan anak-anaknya.

Bercerita dengan cara yang ekspresif mampu menarik perhatian anak untuk mendengarkan dan memahami cerita yang disampaikan.

Berdasarkan studi terhadap minat baca, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara. Hal inilah yang menjadi perhatian Roosie Setiawan untuk terus menyebarkan semangat membaca demi masa depan anak-anak Indonesia.