Sukses

Cerita Kakek Raisan, Jemaah di Mekah Tersesat hingga ke Madinah

Jemaah haji yang tersesat itu menempuh waktu 6 jam dari Mekah ke Madinah yang jaraknya mencapai 438 km.

Liputan6.com, Madinah - Cerita Kakek Raisan bikin kaget. Kok bisa, jemaah haji berusia 75 tahun itu tersesat sampai Madinah dari Mekah. Peristiwa ini terjadi pada Rabu 6 September lalu.

Saat ditemui di Kantor Urusan Haji Indonesia Daker Madinah, Kakek Raisan bercerita, ia ditinggal rombongannya di Masjidil Haram. Saat itu kakek Raisan usai salat. Tak sadar, jemaah asal Jatiwaringin, Jakarta Timur, itu terpisah dari rombongannya.

Saat itulah Kakek Raisan bingung di tengah ribuan jemaah di Masjidil Haram, tak tahu arah pulang ke pemondokannya di Mekah. Ia hanya ingat jalan keluar masjid, dan teringat jika pulang ke hotel naik bus. Tak tahu apa itu Bus Shalawat, karena biasanya naik Bus Shalawat bersama rombongan.

"Pokoknya ada bus, saya naik saja. Ternyata salah. Saat di bus, kok lama enggak sampai-sampai," kata Kakek Raisan di Madinah, Minggu (10/9/2017).

Ternyata Kakek Raisan salah jurusan. Bus yang ditumpangi menuju Madinah, bukan ke pemondokannya. "Pantesan lama," ucap dia.

Selama perjalanan panjang dari Mekah ke Madinah, hati Kakek Raisan merasa resah. Saat ditarik ongkus bus, Kakek Raisan menolak. "Minta 50 riyal, saya enggak mau. Kenapa bayar," ujar dia.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelisah di Madinah

Yang ia tahu, naik bus di Mekah tidak bayar. Begitu pengalamannya naik Bus Shalawat. "Tapi tetap diminta, saya tetap engga mau bayar," kata dia.

Setibanya di Madinah, Kakek Raisan ditemukan petugas haji Indonesia. Kemudian sang kakek dibawa ke Kantor Haji Daker Madinah. Dua hari menginap di kantor sebelum akhirnya diantarkan kembali ke Mekah. Sebab, jemaah haji Indonesia gelombang kedua baru akan ke Madinah pada 12 September 2017.

Selama menginap di Daker Madinah, Kakek Raisan sempat gelisah tak sabar ingin kembali berkumpul dengan rombongannya. Sempat tak mau makan. Setelah diajak ngobrol dan bersenda gurau, pikiran Kakek Raisan mulai tenang.

"Mau ngopi kong?" tanya Rusdi, salah satu petugas haji Indonesia. "Mau," jawab Raisan.

Wajar Kakek Raisan gelisah. Makkah ke Madinah bukan perjalanan singkat. Kalau naik bus membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Dari data google map, jarak Mekah-Madinah sekitar 438 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.