Sukses

Sejumlah Negara Muslim Serukan Dukung Etnis Rohingya

Ribuan warga Pakistan mendesak negara-negara Islam untuk memberikan tekanan kepada Pemerintah Myanmar.

Liputan6.com, Islamabad - Solidaritas untuk etnis Rohingya yang mengalami krisis kemanusiaan di Myanmar, terus bermunculan. Di Islamabad, Pakistan, ribuan warga berunjuk rasa di depan Kedutaan Myanmar, sekaligus mengecam kekejian yang terjadi di Rakhine.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (9/9/2017), mereka mendesak negara-negara Islam untuk memberikan tekanan kepada Pemerintah Myanmar.

Di Srinagar, India, ratusan orang melakukan longmarch sambil menyerukan dukungan untuk etnis Rohingya di Myanmar. Mereka juga mengecam pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi yang pernah menerima nobel perdamaian.  

Hal yang sama juga terjadi di Teheran, Iran. Sambil membawa sejumah poster yang menggambarkan korban kekejian militer Myanmar, mereka mengecam Aung San Suu Kyi. Media Iran juga mengkritisi negara-negara barat yang terkesan mendukung Aung San Suu Kyi.

Seorang pengunjuk rasa perempuan mengatakan, kendati dirinya tidak bisa berperang demi etnis Rohingya, dia menyatakan akan terus menyuarakan pembelaan terhadap etnis Rohingya dengan segala daya upaya.

Sejumlah Muslim Filipina melakukan aksi protes di Kedutaan Myanmar di Manila, dengan menggelar salat berjemaah. Usai salat, mereka melanjutkan aksi sambil membawa sejumlah poster yang menentang kekejaman terhadap Rohingya di Rakhine.

Â