Sukses

Jokowi Lari Pagi di Botanical Garden Singapura Hari Ini

Usai lari pagi, Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Long akan menanam pohon bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kegiatannya di hari kedua kunjungan kenegaraan di Singapura. Sejumlah acara akan dihadiri Jokowi.

Rencananya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana menuju Singapore Botanical Garden untuk lari pagi bersama PM Singapura, Lee Hsien Long. Selesai lari pagi, keduanya akan menanam pohon bersama.

Adapun pohon yang ditanam adalah pohon Sunda Oak Mempening dan Pasang Batu. Kegiatan di taman itu akan diakhiri dengan santap pagi bersama.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Singapura. Sejumlah nota kesepahaman akan ditandatangani, yaitu di bidang manajemen penanganan bencana dan bidang pendidikan. Pertemuan tersebut kemudian akan diakhiri jamuan santap siang bersama.

"Setidaknya ada empat isu yang akan dibahas, yaitu investasi, pariwisata, energi, dan digital ekonomi," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Rabu, 6 September 2017 malam waktu setempat.

Siang harinya, Jokowi beserta rombongan menuju area Marina Bay Cruise Center untuk menyaksikan pertunjukan Joint Fly-Past antara TNI dengan Singapore Air Force. Setelahnya, Presiden akan menghadiri Singapore-Indonesia Business Investment Forum di lokasi yang sama.

"Akan ada acara joint fly past. Ini adalah acara yang sangat khusus karena Indonesia-Singapura memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara. Jadi acara ini sengaja diadakan untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara," jelas Retno.

Sebelum kembali ke Tanah Air pada sore harinya, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan empat mata dengan CEO perusahaan terkemuka.

Saksikan video di bawah ini:

Pesan Jokowi untuk Para WNI di Singapura

Kedatangan Presiden Jokowi di Singapura disambut meriah para WNI di Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapura. Jokowi bertemu WNI di Singapura dalam acara bertajuk "Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara".

Pada acara tersebut, Jokowi menyampaikan nasihat kepada para WNI yang saat ini menetap di Singapura. Salah satunya, agar para WNI menjaga persatuan dan kesatuan walau jauh dari Tanah Air.

"Jangan kita gampang diadu domba, gampang dipecah belah," ujar Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar para WNI pandai dalam memanfaatkan media sosial.

"Kalau gunakan media sosial, Instagram, video blog, Facebook untuk hal positif, komentar yang santun, bicara yang baik dan positif, jangan menjelekkan dan adu domba," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, seperti biasa Jokowi juga menggelar kuis berhadiah sepeda untuk para WNI. Salah satu WNI bernama Zaki yang dipanggil Jokowi tampak heboh dan terlihat girang.

"Alhamdulilah, mimpi apa Ya Allah," ucap Zaki.

Jokowi lalu meminta Zaki menyebut enam nama pulau di Indonesia. Pertanyaan itu berhasil dijawab Zaki dengan cepat.

"Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua."

"Sana, ambil sepedanya," ucap Jokowi kepada Zaki.

Kepada Zaki, Jokowi lalu menawarkan apakah sepedanya akan ia gunakan di Singapura atau dibawa ke kampung halamannya di Kota Brebes.

"Kasih alamatnya. Ini sepeda bukan sembarangan sepeda. Ini mahal sekali loh, karena ada tulisan Presiden Jokowi," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura