Sukses

Aksi Nyata Propan Selamatkan Bumi

Melalui Tagline Go to Waterbased, Save PT Propan Raya ingin menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Tagline "Go to Waterbased, Save The Planet" yang digaungkan PT Propan Raya bikan sekadar isapan jempol belaka. Melalui pabrik terbarunya yang diresmikan pada hari ini. 5 Septeber 2017. PT Propan Raya ingin menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan cat Indonesia yang ramah ingkungan.

Isu pemanasan global atau global warming yang terjadi saat ini semakin terlihat nyata dan siap mengancam kehidupan kita semua. Sejumlah bukti terkait bahaya global warming sudah terlihat dan terasa oleh kita semua, seperti suhu bumi yang semakin memanas, naiknya level air laut, perubahan cuaca yang ekstrem, pergeseran musim, kualitas udara yang tidak bersih, dan masih banyak lagi. Jika terus dibiarkan, bumi beserta isinya dapat musnah dalam sekejap.

Menyadari akan bahaya global warming yang maha dahsyat, PT Propan Raya meluncurkan salah satu aksi nyata demi menyelamatkan bumi. Melalui anak perusahaannya yang baru, yakni PT Propan Dekorindo Raya, PT Propan Raya meluncurkan pabrik cat ramah lingkungan berbasis air (water based) yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Km.9, Tangerang.

Founder dan President Director PT Propan Raya, DR. Hendra Adidarma Dipl. Chemiker, mengakui bahwa cat berpelarut air (water based) lebih ramah lingkungan dibanding dengan cat berpelarut tiner (solvent based). Selain tidak ramah lingkungan, cat solvent based juga berbau menyengat dan memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang berbahaya baik bagi tubuh maupun lingkungan. Dengan beralih ke cat water based, emisi solvent yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan mampu ditekan.

"Menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk menciptakan produk cat yang ramah lingkungan, memiliki kualitas yang baik, dan sesuai dengan standar internasional," ungkap Hendra Adidarma yang menyelesaikan pendidikannya sebagai ahli kimia di salah satu Universitas Jerman. Pembukaan pabrik cat ramah lingkungan ini juga sekaligus merupakan bentuk dukungan PT Propan Raya terhadap aturan pemerintah yang mencanangkan program "Go Green".

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan PT Propan Raya.

"Ini menjadi angin segar dan sesuatu yang positif di tengah isu pemanasan global yang sangat santer belakangan ini. Kami sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan PT Propan Raya. Apalagi, ini sejalan dengan program pemerintah terkait dengan "GO Green". Semoga, ini akan menjadi barometer bagi perusahaan-perusahaan cat lainnya, ataupun perusahaan di luar industri cat, untuk beralih ke produksi ramah lingkungan," ucapnya.

Pabrik baru ini akan dioperasikan dengan mesin-mesin berteknologi terbaru dan termutakhir bernama Rapid Production System (RPS) yang berasal dari Jerman.

"Teknologi yang dipakai ini merupakan satu-satunya teknologi yang ada di Asia Pasifik. Dengan teknologi ini seluruh proses produksi hingga barang jadi, akan lebih ramah lingkungan," ucap Kris Rianto Adidarma, CEO PT Propan Raya. Ia pun menjelaskan bahwa baru ada tiga pabrik yang menggunakan teknologi RPS: dua pabrik di Jerman dan 1 pabrik terdapat di Indonesia, yaitu milik PT Propan Raya.

Keunggulan teknologi RPS ini antara lain produksi yang sangat cepat, yaitu 25 ton per batch dalam waktu 4 jam, produk yang dihasilkan konsisten dan stabil, penggunaan sumber daya manusia yang sedikit, fleksibel, serta hemat ruang.

" Pabrik baru ini rencananya akan memproduksi cat berbasis water based hingga kapasitas terpasang 100.000 ton per tahun. Dengan demikian, kami memiliki tiga pabrik dengan kapasitas 200.000 ton per tahun," ucap Rianto Adidarma.

Beberapa produk PT Propan Raya yang akan diproduksi di pabrik ini antara lain Decorshield, Decorcryl, Decorlotus, Eco Emulsion, Ecoshield, Ceria, Ultraproof, Aqua Syntetic Enamel Gofast A-1000, AMrine PAint, Metal Protective Coating, Polymer Flooring, Waterproofing, Multipurpose Acrylux, Waterbased Wood Finishing For IKEA, dan masih banyak lagi.

Dengan perubahan ini, semoga bumi kita lebih ramah lingkungan. "Go to Waterbased, Save The Planet"!.


(PR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini