Sukses

Ganjar Pranowo: Pemeriksaan KPK Cuma Konfirmasi BAP

Ganjar diperiksa sekitar satu jam di dalam kantor lembaga antirasuah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ganjar diperiksa sekitar satu jam di dalam kantor lembaga antirasuah.

Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka korupsi e-KTP Setya Novanto, Ganjar mengaku hanya dikonfirmasi terkait berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya beberapa waktu lalu.

"Cuma mengonfirmasi BAP," ujar Ganjar di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

Ganjar mengaku tak ada perubahan dalam pemeriksaan kali ini. Menurutnya, semua sudah dia jelaskan baik dalam proses penyidikan maupun persidangan e-KTP.

"Pertanyaannya hampir sama dengan yang ditanyakan waktu saya (jadi saksi) ke Andi Narogong," terang dia.

Ganjar juga mengaku, dirinya sempat dikonfirmasi oleh penyidik KPK terkait keterangan Setya Novanto. Namun terkait keterangan apa, tak ada penjelasan mendalam dari Ganjar.

"Saya kan enggak kenal mereka. Jadi saya cuma ditanya pernah dengar cerita itu enggak, kemudian keterangan Pak Setya Novanto ada yang diubah enggak. Enggak ada yang baru," kata dia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usut Aliran Dana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggunakan pendekatan follow the money atau aliran dana untuk mengusut kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto. Melalui pendekatan ini, KPK juga akan menelusuri kerugian negara yang mencapai Rp 2,3 triliun.

"Untuk kasus e-KTP, kami menggunakan menilai lebih jauh menggunakan pendekatan follow the money, yaitu kita lebih melihat saat ini terkait dengan transaksi keuangan yang diduga terkait dengan kasus e-KTP," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Senin, 4 September 2017.

Febri mengatakan penyidik akan terus menelusuri aliran dana ke sejumlah pihak terkait kasus megakorupsi ini. Penyidik pun telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk nama-nama saksi baru dari pihak swasta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.
    Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.

    E-KTP

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo