Sukses

Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang ke Tanah Air Pada 6 September

Kendati puncak ibadah haji sudah lewat, bagi jemaah yang masih menunggu kepulangan ke tanah air tetap diimbau untuk menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Mekah - Lautan manusia kembali memenuhi Masjidil Haram menyusul selesainya fase puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalidah dan Mina. Sejumlah jemaah haji hari ini melaksanakan tawaf dan melanjutkannya dengan sa'i atau berlari-lari kecil dari bukit safa ke Bukit Marwah sekaligus merampungkan rangkaian ibadah haji tahun ini.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Selasa (5/9/2017), jemaah akan mulai kembali ke tanah air mulai 6 September mendatang setelah menunaikan tawaf wada atau tawaf perpisahan. Daerah Mina pun kini mulai lengang.

Jemaah yang mengambil nafar awal sudah kembali ke hotel masing-masing di Mekah sejak kemarin. Sedangkan jemaah yang mengambil nafar tsani kembali ke hotel di Mekah mulai 4 September.

Kendati puncak ibadah haji sudah lewat, bagi jemaah yang masih menunggu kepulangan ke Tanah Air diimbau untuk menjaga kesehatan. Suhu udara yang mencapai 40 derajat celcius rentan menyebabkan kondisi tubuh menurun.

Untuk membedakan, jemaah yang sakit akan diberikan gelang plastik berwarna. Merah untuk penyakit serius seperti risiko serangan jantung dan kuning untuk penyakit yang tidak berisiko. Untuk menjaga kesehatan masing masing jemaah dibekali satu kantong berisi obat obatan penyakit flu atau maag.