Sukses

Tiba di Padang, Sapi Kurban dari Jokowi Dipotong Besok

Menurut Syahril, saat ini sapi dari Jokowi seberat satu ton itu, telah diangkut dari peternakan milik petani di Agam dan sudah di Padang.

Liputan6.com, Jakarta - Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk masyarakat Sumatera Barat, rencananya disembelih besok di Masjid Raya Sumbar, bersama belasan hewan kurban dari jemaah masjid.

"Rencananya disembelih hari ini, tapi karena waktu relatif sempit antara salat Idul Adha dan salat Jumat, maka diputuskan ditunda sehari," kata Kepala Biro Mental dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Sumbar Syahril B di Padang, Sumatera Barat, Jumat (1/9/2017).

Menurut Syahril, saat ini sapi seberat satu ton tersebut telah diangkut dari peternakan milik petani di Agam dan sudah berada di Padang.

"Besok dibawa ke lokasi Masjid Raya Sumbar," kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi mengatakan, pihaknya telah memastikan kelaikan sapi tersebut, baik dari segi persyaratan sesuai agama, maupun berdasarkan kesehatan.

"Sapi ini asalnya dari kawasan klaster sapi potong program Triarga di Agam. Selama ini kesehatannya selalu dipantau," kata dia seperti dilansir Antara.

Erinaldi menjelaskan, program Triarga merupakan upaya swasembada daging di Sumbar yang melibatkan pemerintah sebagai fasilitator dan perantau sebagai pemodal. Petani yang tergabung dalam koperasi juga terlibat sebagai pelaksana.

Program tersebut, kata Erinaldi, juga melibatkan asuransi untuk menjamin agar program berjalan baik, dan pemodal serta pekerja tidak dirugikan. Total aset program tersebut hingga saat ini diperkirakan mencapai Rp 4 miliar lebih.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Kurban Sapi di Semua Provinsi

Presiden Jokowi berkurban sapi di semua provinsi. Di Jakarta, Presiden berkurban sapi jenis ongole di Masjid Istiqlal.

Presiden juga berkurban di Jawa Barat, bahkan memilih merayakan Idul Adha 1438 Hijriah bersama masyarakat Sukabumi.

Menurut Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, saat Idul Adha di Sukabumi, Presiden Jokowi berkurban sapi jenis peranakan ongole seberat 1,4 ton di Masjid Agung Kota Sukabumi.

Di Sukabumi, Jokowi mengirim hewan kurban yaitu satu sapi simmental 1,1 ton di Kampung Tipar, dan satu sapi lainnya seberat 850 kg di Desa Kebon Jati.

Tidak hanya di Sukabumi, pada Idul Adha tahun ini, Presiden Jokowi mengirimkan beberapa hewan kurban ke 34 provinsi lain seperti Surabaya, Jawa Timur seberat 1,1 ton, Pontianak, Kalimantan Barat 900 kilogram, dan Bengkulu 800 kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.