Sukses

Melihat Hewan Kurban Jokowi di Masjid Istiqlal

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyumbangkan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat untuk disembelih.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyumbangkan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat untuk disembelih. Berat sapi itu mencapai 1,5 ton. Tak hanya Jokowi, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla atau JK juga menyumbangkan sapi seberat 1,3 ton.

Pantauan Liputan6.com, sapi jenis ongole tersebut dikandangkan bersama sapi milik JK. Kedua sapi tersebut terpisah dengan hewan kurban lainnya.

Lokasi kedua hewan kurban tersebut berada di dekat pintu masuk Ar Rozak, Masjid Istiqlal dan didampingi oleh empat orang jagal atau tukang sembelih kurban.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyatakan lokasi terpisah tersebut guna mempermudah panita saat serah terima langsung oleh JK setelah salat Idul Adha 1438 Hijiriah.

"Besok akan ada serah terima langsung oleh Pak JK di pintu Al Malik selepas salat Idul Adha," ucap Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2017).

Namun, dia mengaku tidak tahu berapa harga sapi yang disumbangkan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Tetapi selembaran yang diterima dari pihak Masjid Istiqlal, sapi seberat 510-650 kilogram dijual dengan harga Rp 35 juta.

Sementara untuk sapi ukuran standar dengan berat 250-290 kilogram dihargai Rp 18 juta, super berat 300-400 kilogram Rp 25 juta, dan premium berat 410-500 Rp 30 juta.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

21 Sapi

Menurut dia, hingga saat ini tercatat ada 21 ekor sapi dan 10 kambing hewan kurban yang akan disembelih di Masjid Istiqlal. Jumlah itu diperkirakan terus berubah hingga malam ini.

"Sekitar pukul 15.30 WIB atau pukul 16.30 WIB hewan yang datang berjumlah 21 sapi dan 10 kambing," jelas Abu.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga berkurban sapi di sejumlah provinsi di Indonesia, yakni seperti di Kalimantan Barat ataupun di Bengkulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Sapi Jokowi

  • kurban