Sukses

Ribuan Warga Lakukan Parak Iwak di Sungai Serayu Banjarnegara

Ribuan warga di Banjarnegara, Jawa Tengah, lakukan tradisi parak iwak. Seperti apa?

Fokus, Banjarnegara - Ribuan warga tumpah ruah memenuhi Sungai Serayu di Banjarnegara, Jawa Tengah. Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Minggu (27/8/2017), semua bersuka ria, mengikuti tradisi berebut ikan yang dikenal dengan nama tradisi parak iwak.

Diperkirakan ada 5.000 orang masuk sungai tersebut untuk mengambil ikan. Sebelumnya, panitia sudah menyebarkan ikan sebanyak 3 ton, yang terdiri dari ikan nila dan mujair yang merupakan hasil unggulan petani ikan di Banjarnegara.

Walau sudah banyak ikan yang disebar, para peserta mengaku kesulitan menangkap, sebab panitia melarang peserta menggunakan alat jenis apapun. Hanya boleh menggunakan tangan kosong. Tapi banyak yang tak patuh pada aturan tersebut. Peserta parak iwak tetap menggunakan sejumlah peralatan agar dapat ikan banyak.

Selain diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata, parak iwak atau berburu ikan  yang digagas Pemkab Banjarnegara itu, ditujukan agar warga setempat menjaga kelestarian Sungai Serayu, yang selama ini jadi salah satu sumber rezeki mereka.

Sebanyak 3 ton ikan yang dilepas di Sungai Serayu juga diharapkan menambah populasi ikan di sungai andalan warga setempat tersebut.