Sukses

2.500 Peserta Akan Meriahkan Karnaval Pesona Parahyangan

Karnaval Kemerdekaa dimulai dari depan Gedung Sate. Dari sana, peserta menuju ke Taman Vanda melalui Jalan Ir H Juanda menuju alun-alun.

Liputan6.com, Jakarta - Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan dalam rangka peringatan HUT ke-72 RI, akan dimeriahkan 2.500 peserta. Karnaval ini merupakan penutupan Bulan Kemerdekaan yang dimulai sejak 1 Agustus lalu.

Karnaval Kemerdekaan tersebut akan dihadiri ribuan peserta perwakilan budaya dari 13 provinsi, 20 kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas, dan perwakilan penyelenggara festival dan karnaval dari berbagai daerah.

Karnaval ini sudah digelar dua kali. Pertama dilaksanakan di Kalimantan Barat bertajuk Karnaval Khatulistiwa pada 2015, dan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba pada 2016.

"Ini acara penutup dalam rangkaian Bulan Kemerdekaan 1 Agustus lalu. Sebagai penutup, semoga karnaval ini meriah karena akan ada 2.500 peserta, dari berbagai provinsi yang ikut meramaikan acara besok," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, saat jumpa pers di Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/8/2017).

Di tempat yang sama, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan Bandung dipilih sebagai acara penutup, karena kota ini spesial dengan segudang potensi kreatif di dalamnya.

"Jawa Barat, khususnya Kota Bandung ini gudangnya seniman, kuliner, fashion, dan lainnya. Mudah-mudahan dengan dikurasi oleh seniman Bandung, karnaval bisa lebih meriah," kata Teten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakaian Adat

Karnaval akan dimulai dari depan Gedung Sate. Dari sana, peserta menuju ke Taman Vanda melalui Jalan Ir H Juanda (Jalan Dago) dan Jalan Merdeka menuju alun-alun.

Dalam Karnaval Kemerdekaan, masyarakat akan dimanjakan dengan deretan pakaian adat yang digunakan oleh ribuan peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Karnaval Kemerdekaan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama menjadi tema utama pada Karnaval Pasona Parahyangan besok.

"Perwakilan dari daerah penyelenggara festival se-Indonesia yang sudah teruji di tingkat Internasional juga akan memeriahkan karnaval," ucap Bey di Jakarta, Jumat.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.