Sukses

Rumah bak Istana Milik Bos First Travel Jadi Perhatian Warga

Dari hasil penelusuran PPATK, sejak First Travel berdiri pada 2011, total dana yang dihimpun mencapai triliunan rupiah.

Liputan6.com, Bogor - Rumah bak istana milik bos First Travel di Jalan Taman Venedia Selatan, Sentul City, Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini masih menyita perhatian warga.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Jumat (25/8/2017), rumah pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan itu kini tak lagi berpenghuni setelah keduanya ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menjeratnya dengan dugaan penipuan dan penggelapan dana puluhan ribu anggota jemaah yang mendaftar di First Travel.

Sementara itu, dari hasil penelusuran Bareskrim Polri, tercatat sekitar 58.682 anggota jemaah yang hingga kini belum diberangkatkan ke Tanah Suci. Total dana yang berhasil dihimpun mencapai lebih dari Rp 829 miliar lebih. 

Angka ini belum lagi ditambah dengan biaya-biaya tambahan yang dikenakan pada jemaah sebesar Rp 2,5 juta. Totalnya mencapai lebih dari Rp 9,4 miliar. Adapun, utang First Travel dengan rekanannya untuk keperluan tiket pesawat, hotel, hingga pengurusan visa mencapai lebih dari Rp 118 miliar.

Dari hasil penelusuran PPATK, sejak First Travel berdiri pada 2011, total dana yang dihimpun mencapai triliunan rupiah. Sebagian digunakan untuk keperluan jemaah beribadah umrah di Tanah Suci.

Namun di luar dugaan, dana tersebut malah dinvestasikan bos First Travel untuk keperluan pribadi mereka. Seperti membeli rumah mewah, kendaraan, hingga berlibur ke sejumlah negara.