Sukses

Indonesia-Malaysia Antara Benci dan Cinta

Hubungan kedua negara serumpun ini kerap mengalami pasang-surut dan panas-dingin, bahkan benci-cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Romantika hubungan Indonesia-Malaysia kembali teruji saat pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 19 Agustus 2017. Pemicunya, bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan yang dibagikan panitia.

Kesalahan fatal yang dilakukan Malaysian Organizing Committee (Masoc) itu langsung menuai kritik. Mulai dari presiden, menteri, sampai masyarakat Indonesia turut berkomentar. Pemerintah Malaysia bertindak cepat dengan menarik buku panduan yang telah dibagikan. Malaysia pun menyampaikan permintaan maaf resmi ke Indonesia.

Dalam sejarahnya, hubungan kedua negara serumpun ini kerap mengalami pasang-surut dan panas-dingin, bahkan cinta-benci. Beberapa program kerja sama yang pernah dijalin memang mampu mempererat hubungan. Namun, sejumlah sengketa malah memanaskan hubungan Indonesia-Malaysia.

Selengkapnya dalam Infografis di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini