Sukses

Meriahkan HUT ke-72 RI, Wali Kota Jakut Offroad di Taman BMW

Wali Kota Jakarta Utara sengaja mengajak jajarannya untuk membawa mobil jenis offroad saat HUT ke-72 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Bersih Manusiawi dan Berwisata (BMW), Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi lokasi upacara peringatan HUT ke-72 RI. Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad menjadi inspektur upacara.

Tekstur tanah yang tidak rata dan panasnya matahari, tidak mengurangi hikmat pelaksanaan upacara. Keseruan pun berlanjut. Usai upacara, Wali Kota beserta jajarannya menjajal tanah Taman BMW dengan berlomba offroad.

Husein mengatakan, dirinya sengaja mengajak jajarannya untuk membawa mobil jenis offroad. Selain bisa berlomba, kegiatan itu sekaligus bisa mengetahui tekstur tanah Taman BMW.

"Ini juga ya sekaligus mengecek kontur tanah di sekitaran Taman BMW," kata Husein, Jakarta Utara, Kamis, 17 Agustus 2017.

Namun, lomba offroad tak berjalan mulus. Belum sampai ke garis finish, mobil offroad yang ditumpangi Wali Kota Jakarta Utara terjebak di tengah. Sorak sorai penonton dan aparatur Pemkot Jakut pun riuh, menambah keseruan acara ini.

Landcruiser hitam bernomor polisi D 1818 V terjerembab di lumpur Taman BMW. Husein selamat tanpa luka. Tidak hanya itu, mobil peserta lain juga ada yang terjebak.

"Saya tak apa-apa kok. Tak bisa bergerak ini lumpur ban belakang dan depan saya tenggelam," ujar Husein.

Upacara di Taman BMW

Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-72 RI mengambil lokasi berbeda. Pemerintah Kota Jakarta Utara memilih Taman BMW yang sudah kosong dari bangunan dan parkir liar.

Biasanya, Pemkot Jakarta Utara rutin melaksanakan upacara peringatan HUT RI di halaman plaza barat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

"Sambil menunggu pembangunan stadion bertaraf internasional, lahan yang ada di sini akan digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti upacara, rapat kordinasi, olahraga dan sebagainya," ujar Husein.

Menurut Husein, jika lahan tersebut dipakai untuk kegiatan yang positif maka akan mendapatkan banyak manfaat. Karena itu, pihaknya mengimbau agar saling menjaga Taman BMW supaya tidak ditempati pihak-pihak lain.

Lahan yang dulunya dipenuhi tumpukan sampah dan bangunan liar itu, kata Husein, secara bertahap mulai dibenahi. Saat ini sudah dilakukan perbaikan pagar pembatas, pembersihan sampah, pembangunan posko terpadu, pemasangan portal dan pembangunan trotoar.

"Tidak bisa sekaligus dikerjakan tapi harus dilakukan secara bertahap, dan kini sudah terlihat perubahannya," ujar dia.

Setelah upacara peringatan HUT ke-72 RI, para tamu undangan dan peserta upacara disuguhkan dengan penampilan Sosiodrama Kebangsaan dan Drumband Jalasena.

Kemudian dilakukan pemberian penghargaan masyarakat berprestasi. Dilanjutkan dengan aksi tanam pohon di sekitar Taman BMW yang bertujuan untuk menghijaukan Jakarta Utara.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.