Sukses

Pemulung di Sidoarjo Upacara HUT RI di Tumpukan Sampah 20 Meter

Salah satu tantangan dalam upacara menyambut HUT ke-72 RI ini di antaranya banyak serpihan kaca serta bau tak sedap.

Liputan6.com, Sidoarjo - Warga di Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar upacara bendera dalam rangka HUT ke-72 RI di tempat yang tak biasa.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (17/8/2017), sekitar 90 orang pemulung dan petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo mengibarkan bendera merah putih di atas bukit sampah setinggi 20 meter atau lebih di Desa Kupang, Kecamatan Jabon.

Salah satu tantangan dalam upacara menyambut HUT ke-72 RI ini di antaranya banyak serpihan kaca serta bau tak sedap. Upacara bendera itu dimaksudkan agar warga Indonesia untuk selalu cinta kebersihan dan juga mengenang para pahlawan yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan.

Sementara itu, puluhan nelayan di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis pagi membentangkan bendera merah putih raksasa raksasa berukuran 11 kali 6 meter di permukaan bibir pantai. Usai melakukan pembentangan, para nelayan menggelar aksi bersih-bersih pantai.

Para nelayan berharap di HUT ke-72 RI ini, nelayan tetap bersatu serta berharap pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan nelayan.

Pengibaran bendera raksasa juga dilakukan ratusan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Syaihona Kholil, Demangan, Bangkalan, Jawa Timur. Mereka mengibarkan bendera raksasa ukuran 12 kali 12 meter hingga menutupi sebagian gedung ponpes.