Sukses

Peringati HUT ke-72 RI, Jokowi Berbusana Adat Kalimantan Selatan

Tidak hanya Presiden, para tamu undangan bahkan para Pasukan Pengamanan Presiden juga menggenakan pakaian adat yang fleksibel demi tetap awa

Liputan6.com, Jakarta Nuansa lain tampak di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan para tamu undangan mengenakan baju adat kedaerahan dalam peringatan tahun ini.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat asal Kalimantan Selatan. Sementara Ibu Negara mengenakan balutan busana khas Minang, Sumatera Barat.

Tidak hanya Presiden, para tamu undangan bahkan para Pasukan Pengamanan Presiden juga mengenakan pakaian adat yang fleksibel demi tetap awas dan sigap mengawal presiden.

Nuansa baju adat ini dimulai Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla saat mengikuti Sidang Tahunan MPR, di Senayan, Rabu 16 Agustus 2016. Presiden mengenakan pakaian adat Bugis, sementara Wapres JK mengenakan pakaian adat khas Jawa.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pengenaan pakaian adat adalah untuk menjaga rasa nasionalisme dan nuansa lain.

"Semua diminta seperti itu. Berbeda untuk memberikan colourfull untuk berikan rasa nasionalisme kita sekarang ini dipakai," dia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini