Sukses

Ketua DPD Ingatkan Pentingnya Menegakkan Pancasila

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang mengapresiasi pertumbuhan ekonomi yang berada di angka 5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau lebih akrab disapa OSO, mengingatkan pada rakyat Indonesia agar menegakkan Pancasila.

"Dengan Pancasila, kita teguhkan kembali nilai-nilai gotong-royong dan kekeluargaan bangsa kita," ucap OSO dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

"Dengan Pancasila, kita perkuat persatuan dalam keberagaman kita, dan dengan Pancasila, mari kita kerja bersama untuk mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," dia melanjutkan.

OSO juga mengingatkan perlunya komitmen menjaga kebangsaan, karena tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini sangat besar.

"Bila kita tidak mampu mengelola dengan baik berbagai tantangan dan ujian itu, risikonya adalah kemungkinan akan terjadi perpecahan bangsa," kata dia.

Menurut OSO, tugas konstitusional DPD dan DPR RI adalah layaknya mata dan telinga seluruh rakyat dan daerah. Jika anggota DPR RI menyalurkan aspirasi politik rakyat, maka anggota DPD RI menyuarakan kepentingan daerah.

Dia mengatakan sidang bersama ini adalah momentum yang tepat bagi DPD dan DPR RI untuk mengkristalisasi berbagai persoalan yang dihadapi rakyat di seluruh pelosok Tanah Air.

"Dan pada kesempatan ini saya ingin mendoakan para petani, para buruh, para nelayan, para pedagang kaki lima, dan pedagang pasar, agar tetap sehat, bahagia, dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa," tegas OSO.

Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi

Pada kesempatan tersebut, OSO juga mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla Jokowi-JK atas pertumbuhan ekonomi yang berada di angka 5%.

"Kita boleh bangga dan berbesar hati bahwa dari tahun ke tahun kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5% per tahun," ujar dia.

Namun, OSO melanjutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas pertumbuhan tersebut masih menyisakan pekerjaan rumah yang besar, yakni kesenjangan ekonomi.

"Kita merasakan dan rakyat juga merasakan kesenjangan ekonomi ini," kata dia.

Menurut OSO, dalam menghadapi kesenjangan ekonomi ini, dirinya memberikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah melanjutkan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran di seluruh daerah.

"Kami juga memahami bahwa upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi memerlukan biaya yang besar. Kami mendorong pemerintah melakukan ekstensifikasi basis pajak, untuk meningkatkan tax ratio," kata Ketua Umum Partai Hanura itu.

Ketua DPD RI itu meyakini masih banyak cara untuk memungut pajak melalui tata cara yang lebih murah.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.