Penerbang TNI AU Ikut Gladi Bersih Persiapan Detik-Detik Proklamasi

Oleh Yusron Fahmi pada 15 Agu 2017, 18:56 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Penerbang pesawat tempur Sukhoi dari Skadron 11 Makassar dan penerbang F-16 dari Skardon 16 Pekanbaru, Riau, telah siap menjalani gladi resik peringatan detik-detik proklamasi, sejak Selasa pagi (15/8/2017).

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (1/8/2017), dari Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta, para penerbang mempersiapkan diri dengan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara.

Satu demi satu pesawat jenis Sukhoi dan F-16 take off menuju ke laut utara Jakarta dan membentuk formasi V. Selanjutnya, 6 pesawat berbalik arah menuju Monumen Nasional dan terbang melintasi Istana Merdeka, tepat saat peringatan detik-detik proklamasi.

Di saat yang sama, gladi bersih juga diselenggarakan di Monas dan Istana Merdeka, Jakarta. Di Monumen Nasonal, kirab budaya yang diikuti perwakilan dari kerajaan-kerajaan nusantara digelar.

Rangkaian kirab ini mengiringi perjalanan duplikat bendera pusaka dengan menggunakan kereta kencana di Jagaraksa dari Monas menuju Istana Merdeka.

Di halaman Istana Merdeka, Jakarta, gladi bersih rangkaian detik-detik proklamasi dipantau oleh Presiden Joko Widodo didampingi panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Pada gladi bersih hari ini, Kolonel Penerbang Ahmad Yani menjadi komandan upacara. Sementara pemegang baki adalah calon Paskibraka dari Jawa Timur, Fariza Putri Salsa