Sukses

Ini Capaian DPD Selama Masa Sidang 2016-2017

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Nono Sampono mengungkapkan beberapa capaian DPD di masa sidang 2016-2017.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Nono Sampono mengungkapkan, beberapa tugas telah dijalankan DPD di masa sidang 2016-2017. Selama periode tersebut, DPD telah menghasilkan 10 usul inisiatif Rancangan Undang-Undang.

Selain itu mereka juga punya 15 hasil pengawasan pelaksanaan undang-undang, enam pertimbangan terkait anggaran dan pemilihan anggota BPK. Nono menambahkan, lembaganya pun menelurkan enam pandangan, pendapat, dan pertimbangan terhadap RUU, serta 1 usulan Program Legislasi Nasional DPD.   

"Keseluruhan hasil kerja tersebut merupakan upaya DPD RI dalam merespons aspirasi daerah yang membutuhkan kepastian hukum," kata Nono dalam Pidato Penutupan Pada Akhir Masa Sidang V, di Gedung Nusantara Kompleks DPR/MPR, Selasa (15/8). Ia berharap pemerintah menindaklanjutinya dengan menyusun kebijakan teknis. Aturan turunan itu diharapkan bisa berpihak pada rakyat.

Penutupan Masa Sidang V sekaligus menandai akhir Tahun Sidang 2016-2017. DPD akan memulai Masa Sidang I Tahun Sidang 2017-2018, Rabu 16 Agustus besok.

Nono meminta seluruh anggota DPD terus meningkatkan produktivitas kerjanya. Mereka juga harus lebih peka dalam mencermati dan menanggapi berbagai persoalan di daerah.

"Ini sebagai pertanggungjawaban politik lembaga dan seluruh anggota kepada rakyat Indonesia," Nono menambahkan. Ia juga mengatakan Laporan Kinerja DPD Tahun Sidang 2016-2017 akan dibukukan dan dipublikasikan pada konstituen di daerah.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.