Sukses

Pengibaran Bendera Merah Putih Terpanjang di Dunia Raih Muri

Ribuan warga antusias mengikuti prosesi pengibaran bendera merah putih terpanjang di dunia.

Liputan6.com, Denpasar - Pengibaran bendera merah putih adalah prosesi sakral yang tak bisa dipisahkan dari peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sejumlah daerah di Tanah Air menggelar aksi pengibaran bendera dengan cara tak biasa, untuk mengukuhkan semangat nasionalisme.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, kawasan objek wisata Pantai Pandawa di Badung Selatan, Bali, pada Senin siang (15/8/2017), tampak berbeda dari biasanya. Ribuan warga antusias mengikuti prosesi pengibaran bendera merah putih terpanjang di dunia.

Bendera selebar 4 meter, dengan panjang 400 meter ini dibentangkan di dinding tebing pantai oleh gabungan polisi, Tim SAR dan warga.

Aksi pembentangan bendera merah putih terpanjang yang melibatkan ribuan orang ini berhasil memecahkan rekor dunia, melalui Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri)

Sementara di Padang, Sumatera Barat, ribuan orang beramai-ramai naik ke puncak Gunung Kasumbo, untuk mengikuti upacara. Meski harus bersusah payah mendaki, warga Nagari Sungayang antusias dalam memperingati hari kemerdekaan ke-72 RI.

Puncak Gunung Kasumbo inilah yang dipilih warga untuk mengibarkan bendera raksasa berukuran 25 x 8 meter. Upacara penaikan bendera berlangsung khidmat. Kesenian tradisional Minangkabau, talempong, juga turut dimainkan untuk memeriahkan suasana.

Lain lagi bagi warga Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, warga kesulitan akses untuk mendapatkan bendera merah putih.

Alhasil Kapolsek Kecamatan Air Buaya, harus mendatangi satu per satu rumah warga di Dusun Waeula, Desa Awalihin, untuk membagikan satu set bendera baru.

Warga menerima bendera dengan sukacita. Seorang bapak bahkan langsung mencium bendera yang masih terbungkus rapi ini.