Sukses

Pasukan TNI AU Latihan Atraksi Pesawat Jelang Peringatan HUT ke-72 RI

Pasukan TNI AU melakukan latihan atraksi pesawat jelang peringatan HUT ke-72 RI di Istana Negara, Jakarta.

Fokus, Jakarta - Para pilot pesawat tempur TNI Angkatan Udara (TNI AU) tengah mempersiapkan latihan udara. Latihan ini digelar sebagai persiapan pertunjukan udara pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 RI di Istana Negara.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Selasa (15/8/2017), para penerbang berdiskusi mengenai detil latihan, termasuk rute dan formasi dalam latihan. Sementara para teknisi pesawat tempur, mengecek kondisi pesawat  F-16 buatan Amerika dan sukhoi SU-30 buatan Rusia, sebelum digunakan untuk latihan.

Dua jenis pesawat tempur tersebut saat ini merupakan andalan kekuatan TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan negara dari serangan musuh. TNI Angkatan Udara menyatakan sudah siap melakukan atraksi udara pada 17 Agustus mendatang.

Pesawat F-16 yang digunakan milik Skuadron 16, Lanud Pekanbaru, dan pesawat Sukhoi SU-30 milik Skuadron Udara 11 Lanud Hasanudin. Nantinya, dua pesawat tempur canggih tersebut akan bermanuver di atas Istana Presiden.

Formasi atraksi akan menggunakan kolaborasi formasi VI, baik sukhoi SU-30 maupun pesawat F-16. Pesawat juga akan melakukan manuver dan berpisah tepat di atas Monas.