Sukses

Kemlu Pastikan 17 WNI Kabur dari ISIS dalam Kondisi Aman

Fachir menjelaskan, tim yang dikirim pemerintah sedang berupaya untuk masuk ke lokasi tempat 17 WNI berada.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri memastikan 17 warga negara Indonesia (WNI) yang melarikan diri dari kelompok radikal ISIS di Raqqa, Suriah, aman. Mereka saat ini sudah berada di Irak dan menunggu dievakuasi oleh tim yang dikirim pemerintah.

"Aman. Saya bisa katakan sudah masuk wilayah Irak," ujar Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Fachir menjelaskan, tim yang dikirim pemerintah sedang berupaya untuk masuk ke lokasi tempat 17 WNI berada. Beberapa kendala memang dihadapi tim, terutama terkait keamanan jalur yang akan dilalui untuk sampai ke lokasi.

"Kalau pulang ke Indonesia gampang. Untuk dari satu titik ke wilayah itu namanya wilayah yang dikuasai masing-masing. Gambaran umumnya seperti masalah keamanan saja," jelas dia.

Perwakilan pemerintah di Baghdad, Irak, terus berkomunikasi dengan otoritas setempat agar dapat segera mengevakuasi 17 WNI dan memulangkan mereka. Ketika sudah bisa masuk dan dievakuasi, mereka akan langsung dipulangkan ke Indonesia.

"Belum bisa dipulangkan. Yang penting aman," ucap dia.
 
Sebanyak 17 WNI berhasil melarikan diri dari cengkeraman kelompok ISIS di Suriah. Para WNI terdiri atas 12 perempuan dan lima laki-laki dewasa. Di antaranya, juga terdapat tiga balita, satu remaja berusia 13 tahun, dan dua remaja lainnya masih di bawah umur.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.