Pesan Penting Pelatih untuk Calon Pembawa Baki Paskibraka 2017

Oleh Aditya Eka Prawira pada 11 Agu 2017, 10:30 WIB
PHOTO: Semakin Matang, Calon Paskibraka 2017 ikuti Latihan Menaikan dan Menurunkan Bendera

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak koreksi dari para pelatih untuk calon Paskibraka 2017 pada Kamis, 10 Agustus 2017. Dari segala aspek dinilai sudah mengalami banyak perubahan bila dibanding pada latihan minggu pertama.

Baik itu untuk calon pembentang, pengibar, pengerek, dan pembawa baki sang Saka Merah Putih. Meski demikian, tetap ada beberapa poin yang mesti jadi bahan renungan, dan sesegera mungkin untuk diubah. Mengingat pelaksanaan upacara HUT RI tinggal menghitung hari.

"Kalian sudah mulai menghayati setiap gerakan dan meresap dengan lagunya. Hanya saja, saat pelipatan bendera masih terkesan asal-asalan hasilnya," kata Wakil Koordinator Pelatih Mayor Inf Suswan di hadapan seluruh calon Paskibraka 2017 saat apel sore.

Ia mengimbau supaya semua peserta putra berlatih lebih giat dan serius lagi, kalau perlu terus diulang-ulang sesaat sebelum tidur.

"Bendera latihan silakan dibawa ke mes," kata Suswan memberi perintah.

Sedangkan untuk calon pembawa baki, Suswan menilai supaya lebih diperhalus lagi. Baik itu langkah, saat menyodorkan baki di hadapan pembina upacara dan komandan kelompok 8.

"Masih kasar," tekan Suswan.

Sama halnya dengan yang putra, calon Paskibraka Nasional 2017 putri memanfaatkan anak tangga yang ada di asrama.

"Yang terakhir, sepatu saat apel pagi sudah harus bersih. Habis mandi langsung sikat bagian luarnya. Saya mau saat kondisi apel sudah bersih," ujar Suswan.

Ada satu pesan yang Suswan selipkan. Seluruh peserta Diklat Paskibraka 2017 tidak usah sok-sokan diet. Habiskan makanan yang disajikan karena itu adalah sumber tenaga mereka. Kalau makan hanya beberapa sendok saja, tidak bakal mendapatkan tenaga apa-apa.

"Kesadaran diri saja. Mulai berlatih untuk sedikit dewasa," tekan Suswan.

Simak video menarik berikut ini: