Sukses

Mendagri Sebut Akan Ada Ormas Kecil Dibubarkan

Mengenai ormas apa dan dimana, Tjahjo masih enggan bicara. Dia mengatakan hingga saat ini masih terus dicermati keberadaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut akan ada organisasi kemasyarakatan atau ormas yang akan dibubarkan lagi selain Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurutnya, ormas yang akan dibubarkan tersebut kecil-kecil.

"Ada beberapa ormas kecil-kecil," ujar Tjahjo di Kantor Kemendagri Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Mengenai ormas apa dan dimana, Tjahjo masih enggan bicara. Dia mengatakan hingga saat ini masih terus dicermati keberadaannya.

"Jangan dulu dong, kecil, tidak berskala nasional. Pak Dirjen Polhuk (Politik, Hukum, dan Keamanan) sudah laporan ke saya, ini perlu data yang akurat," ujarnya.

Untuk membubarkan HTI saja diperlukan waktu penelitian hingga 10 tahun. "Karena HTI aja kan 10 tahun dicermati, kita cross ke semua," ucap Tjahjo.

Untuk ormas yang akan dibubarkan ini, menurut Tjahjo, sudah dicermati selama dua tahun belakangan. Mereka, memiliki ideologi lain selain Pancasila.

Tjahjo menyebut, ormas-ormas kecil yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia ini memiliki faham lebih radikal dari HTI. Dia mengaku bukti-bukti hingga saat ini masih terus dikumpulkan.

"Ada visualnya, ada rekamannya, fotonya. dihadiri berapa orang saksi, enggak bisa katanya. Ada di beberapa provinsi mereka punya kegiatan," kata dia.

Tjahjo mengaku jika sudah koordinasi dengan Menko Polhukam Wiranto terkait hal ini. Namun, belum dibahas lebih jauh.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.