Sukses

Jemaah Haji Meningkat, Toko Musiman Menjamur di Mekah

Toko Indonesia musiman tersebar di 11 sektor di sekitar Masjidil Haram. Jika jemaah haji Indonesia semakin banyak, toko yang muncul berlipat

Liputan6.com, Arab Saudi - Seiring mengalirnya gelombang jemaah calon haji asal Indonesia ke Kota Mekah, Arab Saudi, toko-toko musiman mulai menjamur di sejumlah sektor. Hal ini terkait besarnya jumlah jemaah calon haji asal Indonesia dibanding dari negara-negara lain yang mencapai sekitar 221 ribu jemaah.

Inilah yang mendorong tumbuhnya toko musiman di sejumlah wilayah. Apalagi kebiasaan sebagian besar jemaah membawa buah tangan seusai menunaikan ibadah haji.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (10/8/2017), toko-toko tersebut menyediakan beragam makanan yang cukup dikenal dengan lidah jemaah dari Indonesia.

Bahkan untuk menarik minat dan memudahkan pembeli, para pemilik toko di sekitar tempat penginapan sengaja menulis dengan bahasa Indonesia. Meski tidak fasih berbahasa, pemilik dan pelayan toko di Mekah berusaha melayani dengan menggunakan bahasa Indonesia meski terbatas.

Toko musiman ini tersebar di 11 sektor di sekitar Masjidil Haram. Jika semakin banyak jemaah haji Indonesia yang tiba di Kota Mekah, maka semakin banyak pula toko Indonesia musiman yang muncul.