Sukses

Bagaimana Sabu Tak Bertuan Ditemukan di Apartemen Tambora?

Polisi curiga, apartemen tersebut sengaja dijadikan sebagai tempat transaksi narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita dua koper berisi sabu seberat 60 kilogram. Sabu tak bertuan dalam jumlah fantastis itu ditemukan di sekitar Apartemen Season City, Tambora, Jakarta Barat.

Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya rencana penyelundupan narkoba dalam jumlah besar. Namun polisi tak kunjung menemukan lokasi peristiwa itu.

Hingga akhirnya polisi mendapat laporan dari sekuriti apartemen mengenai penemuan dua koper mencurigakan yang belakangan diketahui berisi sabu. Ada beberapa indikasi yang melatarbelakangi sabu sebanyak itu ditinggalkan pemiliknya.

"Kemungkinan dia (pemilik) sedang menunggu transaksi terus keburu ketahuan," ujar Suhermanto saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Kemungkinan lain, ucap Suhermanto, pelaku tahu aktivitasnya tengah dipantau kepolisian. Karena itulah, transaksi sabu dalam jumlah fantastis itu batal dilakukan. Pelaku juga tidak mau mengambil risiko dan memilih meninggalkan sabu yang dibawa.

"Apalagi dengan adanya tindakan tegas terhadap bandar. Jadi ketakutan," kata dia.

Polisi curiga, apartemen tersebut sengaja dijadikan tempat transaksi narkoba. Pelaku juga diduga cukup lihai dilihat dari cara meninggalkan dua koper berisi sabu yang tidak terjangkau sorotan CCTV.

"Ada indikasi ke sana (jadi tempat transaksi). Makanya kan sebelumnya kami sudah dapat informasi bahwa akan ada penyelundupan sabu dalam jumlah besar," ucap Suhermanto.

Polisi telah memeriksa sejumlah saksi dari pihak apartemen, tapi belum ada keterangan yang mengarah ke pelaku. Kendati begitu, polisi telah membidik dua orang yang dicurigai sebagai pemilik barang haram itu berdasarkan data yang ada di kepolisian.

Sebelumnya, aparat Polsek Tambora mendapatkan laporan dari sekuriti terkait penemuan benda mencurigakan berupa dua koper di sekitar Apartemen Season City, Rabu 2 Agustus 2017. Setelah dicek, benda tak bertuan itu berisi sabu seberat sekitar 60 kilogram.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.