Sukses

76 Bangunan di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

Selain merusak bangunan, angin puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa kabel listrik.

Liputan6.com, Bogor - Bogor, Jawa Barat, kembali dilanda bencana angin puting beliung. Kali ini bencana itu terjadi di beberapa titik wilayah Barat Kabupaten Bogor.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, angin puting beliung yang terjadi pada Selasa petang menerjang sejumlah desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Leuwiliang, Tenjolaya, dan Cibungbulang.

Bencana tersebut merusak puluhan bangunan rumah, toko, dan papan reklame.

Budi merinci, di Kecamatan Leuwiliang tercatat 12 rumah dan 13 kios rusak serta 14 papan reklame roboh. Sementara, 6 rumah rusak di Desa Leuwimekar.

Kemudian, 6 rumah dan 1 Ponpes Bakti Nugraha rusak di Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya.

"1 kepala keluarga diungsikan karena rumahnya sudah tidak bisa lagi ditempati," ujar Budi di Bogor, Rabu (9/8/2017).

Selanjutnya, 18 rumah di Desa Cemplang dan 30 rumah di Desa Galuga, Kecamatan Tenjolaya juga rusak diterjang puting beliung.

"Total bangunan yang rusak sebanyak 76 unit. Rata-rata atap dan plafon beterbangan tertiup angin kencang," kata Budi.

Selain merusak bangunan, angin puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa kabel listrik. Pohon tumbang itu sempat menutup jalan Leuwimekar menuju Pabangbon.

"Saat ini tim bersama warga melanjutkan pembersihan dan memperbaiki rumah yang rusak," ujar Budi.

Budi mengimbau warga untuk selalu waspada jika turun hujan, mengingat wilayah Barat Kabupaten Bogor rawan bencana puting beliung, banjir bandang, dan longsor.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.