Sukses

Puting Beliung dan Hujan Es Terjang Leuwiliang Bogor

Angim putng beliung menyebabkan sejumlah rumah dan tempat usaha rusak.

 

Liputan6.com, Bogor - Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bencana yang terjadi Selasa 8 Agustus 2017 sekitar pukul 16.00 WIB ini menyebabkan sejumlah rumah dan tempat usaha rusak diterjang angin kencang.

Puting beliung disertai hujan es juga mengakibatkan sejumlah pohon roboh hingga menutup ruas jalan dan menimpa rumah warga.

Sekretaris Camat Leuwiliang Ivan Pramudia mengatakan, petugas Satpol PP dan BPBD saat ini masih mendata kerusakan bangunan akibat diterjang angin kencang.

"Laporan yang baru masuk ada 2 desa yang terdampak angin puting beliung, yaitu Desa Leuwimekar dan Leuwiliang," kata Ivan dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa 8 Agutus 2017.

Ivan membenarkan, sejumlah bangunan terdiri rumah, ruko, dan warung rusak. Kerusakan terjadi pada bagian atap, dinding dan kanopi akibat diterjang angin puting beliung. Tak hanya itu, banyak pohon tumbang di jalan dan menimpa rumah warga.

"Untuk jumlahnya kami masih belum bisa memastikan, karena saat ini masih dilakukan pendataan. Informasinya di sekitar pasar juga ada beberapa toko yang rusak," kata Ivan.

Ivan mengatakan, Satpol PP, TRC BPBD Kabupaten Bogor, dan TNI/Polri petang tadi sudah berhasil mengevakuasi sejumlah pohon yang menutup badan jalan.

Sedangkan untuk rumah yang rusak parah akibat tertimpa pohon tumbang rencananya baru akan dilakukan pembersihan hari ini. "Untuk arus lalu lintas sudah lancar, pohon-pohon juga mulai disingkirkan," ucap Ivan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.