Sukses

Gunung Sinabung Erupsi, Petugas BPBD Bagikan Ribuan Masker

Petugas BPBD Karo membagikan sekitar 10 ribu masker di Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Liputan6.com, Karo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, membagikan puluhan ribu masker bagi warga dan pengendara kendaraan. Salah satu lokasi yang diprioritaskan yakni di Kecamatan Simpang Empat, yang menjadi wilayah paling parah terpapar abu vulkanik gunung api Sinabung.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (3/7/2017), tebalnya debu abu vulkanik terlihat di Kecamatan Simpang Empat, pasca-erupsi Sinabung, Rabu pagi, 2 Agustus 2017. Apalagi jika kendaraan melintas, abu langsung menutupi jarak pandang bagi para pengguna jalan.

Atas kondisi ini, petugas BPBD Karo membagikan sekitar 10 ribu masker di Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Rabu sore, yang merupakan salah satu daerah terpapar abu vulkanik cukup tebal. Masker dibagikan pada warga dan pengendara untuk mengantisipasi timbulnya gangguan pernapasan akibat menghirup abu vulkanik.

Pembagian masker dilakukan di semua titik wilayah terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, dan akan dilakukan serentak sebelum timbul korban. Untuk stok masker sendiri diperkirakan cukup dan akan terus dipasok, mengingat aktivitas Sinabung masih tinggi.