Sukses

Bayi Harimau Benggala di Banjarnegara Lahir dengan Berat 2,5 Kg

Bayi harimau benggala ini merupakan bayi pertama Upi sang induk dan Aji si pejantan setelah 100 hari dalam kandungan.

Liputan6.com, Banjarnegara - Seekor harimau benggala melahirkan seekor bayi mungil di Taman Margasatwa Serulin Mas, Banjarnegara, Jawa Tengah dengan 2,5 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (31/7/2017), Upi sang induk tampak lemas setelah melahirkan. Sementara harimau benggala pejantan bernama Aji terlibat bangga karena bisa memberi keturunan.

Bayi harimau benggala ini merupakan bayi pertama mereka setelah 100 hari dalam kandungan. Bayi yang belum diberi nama ini terlahir normal tanpa didampingi petugas.

Perkembangan spesies panthera tigris benggalae ini terus dipantau, termasuk asupan makanan pascamelahirkan. Untuk memulihkan tenaga, upik sang induk harimau Benggala mendapat 5 kilogram ayam mentah setiap hari. Dengan kehadiran bayi hewan asal India, kini Taman Margasatwa Seruling Mas memiliki 159 satwa.

Sementara itu, Kebun Binatang Maharani Lamongan, Jawa Timur, juga mendapat tambahan koleksi spesies langka seekor bayi kuda nil yang diberi nama Boni. Satwa asal Benua Afrika ini lahir dari induk yang diberi nama Jane, Jumat, 28 Juli 2017.

Boni yang lahir dengan berat hampir 100 kilogram itu adalah anak ketiga Jane si induk kuda nil. Sedangkan pejantannya didatangkan khusus dari Kebun Binatang Surabaya. Agar Boni tumbuh sehat, petugas secara khusus mengawasi Boni selama 24 jam. 

Kebun binatang yang berlokasi di Kecamatan Paciran ini dalam waktu dekat juga akan kedatangan bayi dari jerapah dan gajah. Kedua satwa ini dalam pengawasan petugas agar kelahirannya bisa lancar dan bayinya bisa selamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.