Sukses

Kala Djarot Tak Yakin dengan Rencana Pemindahan Ibu Kota

Djarot meminta wacana pemindahan ibu kota tidak diperlebar.

Liputan6.com, Jakarta - Pada saat Lebaran Betawi 2017, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan ketidakyakinannya soal wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Ungkapan itu disampaikan Djarot di hadapan Presiden Jokowi dan warga yang hadir.

"Kalaupun ada wacana pindah (ibu kota), maaf Bapak Presiden, kami masih belum yakin, Terhadap aura dan cikal bakal bahwa Jakarta adalah miniatur Indonesia," kata Djarot di Setu Babakan, Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Djarot meminta wacana pemindahan ibu kota tidak diperlebar. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana cara untuk memajukan Jakarta agar sejajar ibu kota negara maju.

"Hal seperti ini tidak perlu diwacanakan terlalu melebar, yang penting kita kerja keras. Jakarta sebagai ibu kota negara yang bukan hanya dibanggakan bangsa Indonesia tapi sejajar ibu kota negara lain," ucap dia.

Salah satu faktor yang membuat Jakarta unggul sebagai ibu kota, kata Djarot, adalah Jakarta kota majemuk dan pelopor kebinekaan.

"Saya sampaikan bahwa orang Betawi, budaya Betawi adalah pelopor kebineka tunggal ikaan. Bukan tanpa alasan Bung Karno menunjuk dan menetapkan Jakarta sebagai ibu kota negara RI, karena miniatur Indonesia itu ada di Jakarta," ujar Djarot.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.