Sukses

Polisi Pekalongan Amankan Bus dan Sopir, Ini Kata PT Transjakarta

PT Transjakarta menegaskan pihaknya belum mengetahui secara detail tentang pencurian bus tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Humas PT Transjakarta Wibowo mengungkapkan bus Transjakarta yang dicuri oleh pengemudinya, Sentot Setiadi, merupakan bus milik PT Mayasari Bakti. Bus tersebut dicuri dari garasi bus Transjakarta di Cijantung, Jakarta Timur, dan lantas disita petugas Satlantas Polres Pekalongan.

"Itu busnya Mayasari. Bukan bus Transjakarta. Mayasari memang salah satu operator bus Transjakarta," ujar Wibowo saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Wibowo menegaskan, pihaknya belum mengetahui secara detail tentang peristiwa tersebut. Pihaknya akan menghubungi PT Mayasari Bakti untuk mendapatkan penjelasan secara lengkap.

"Transjakarta akan meminta keterangan dari manajemen Mayasari terkait peristiwa tersebut," kata dia.

Terkait dengan identitas Sentot Setiadi yang membawa kabur bus Transjakarta, Wibowo mengungkapkan yang bersangkutan merupakan mantan karyawan pengemudi di Mayasari Bakti. "Info yang saya terima begitu," ujar dia.

Meski demikian, dia belum mengetahui apakah bus yang dicuri tersebut sudah beroperasi atau belum. Pihaknya akan meminta penjelasan kepada Mayasari Bakti terkait hal tersebut. "Ini masih diselidiki juga," ujar dia.

Polres Pekalongan sebelumnya membekuk pencuri bus Transjakarta milik PT Mayasari Bhakti, Rabu, 26 Juli 2017 malam sekitar pukul 19.00 WIB, bersama barang bukti berupa satu unit bus Transjakarta berwarna biru bernopol B 7540 TGC. Pelaku diketahui bernama Sentot Setiadi yang tak lain karyawan PT Mayasari Bhakti.

Sempat terjadi aksi saling kejar dengan polisi, pelaku akhirnya dibekuk polisi di Sipait jalur Pantura Pekalongan.

Informasi yang diterima Liputan6.com, pencurian terjadi pada Selasa, 25 Juli di garasi bus Transjakarta di Cijantung, Jakarta Timur.

Saat beraksi, pelaku berhasil mengelabui satpam atau penjaga keamanan garasi bus Transjakarta di Cijantung.

Saat ditanya oleh satpam sebelum keluar dari garasi, pelaku berdalih akan menjemput anak sekolah. Namun, surat jalannya akan diberikan menyusul.

Padahal, pelaku biasanya mengambil bus Transjakarta di garasi Klender, Jakarta Timur.

Kasatreskrim Polres Pekalongan AKP Agung Ariyanto membenarkan telah menangkap pencuri satu unit bus Transjakarta di jalur Pantura Pekalongan.

"Kami sudah amankan seorang pelaku pencurian bus Transjakarta itu. Saat ini pelaku beserta barang bukti sedang dalam perjalanan menuju Polres Pekalongan," ucap Agung Ariyanto, Rabu, 26 Juli 2017.

Ia menambahkan, sebelum tertangkap dan berhasil diamankan, pelaku mengemudikan bus Transjakarta seorang diri tanpa ditemani oleh kernet dari barat ke timur (Jakarta-Semarang).

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.