Sukses

Beri Bekal Capaja TNI-Polri, Jokowi Ingatkan Perubahan Global

Jokowi mengatakan, menjalankan tugas sebagai prajurit TNI-Polri tidak bisa dianggap sepele.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pembekalan kepada 728 Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi TNI Polri Tahun 2017. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu meminta para prajurit muda untuk memahami cepatnya perubahan iklim global dunia.

"Kita harus ingat dengan perubahan global yang besar sekarang ini. Baik sisi ekonomi dan perubahan lainnya. Landscape politik, landscape pertahanan, landscape keamanan, semua akan berubah. Kita harus menyadari itu," tutur Jokowi di Gelanggang Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (24/7/2017).

Jokowi mengatakan, menjalankan tugas sebagai prajurit TNI-Polri tidak bisa dianggap sepele. Untuk itu, sudah sepantasnya Capaja turut memperdalam wawasan keilmuan dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan negara.

"Saya hanya mengingatkan bahwa menempuh jalan karir sebagai perwira, berarti kalian semuanya calon pemimpin masa depan. Harapan yang ditaruh di pundak kalian semua sangat besar dan tuntutan dari kalian semua juga sangat banyak dan tugas yang diberikan kepada kalian bukan tugas yang ringan," jelas Jokowi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menambahkan, para Capaja harus terus mengingat imbauan dari Presiden Jokowi. Jangan lupa juga ilmu dari pendidikan militer yang telah diperolah selama di akademi.

"Pada pendidikan Capaja, TNI terintergarsi selama 1 tahun di Akademi Militer Magelang. Sementara Capaja Polri melalui pendidikan dasar kebhayangkaraan 3 bulan di Akademi Polisi Semarang. Secara keseluruhan, sudah pendidikan 4 tahun di akademi masing-masing," kata Tito.

Pada masa pendidikan, Capaja sendiri melakukan berbagai kegiatan yang keseluruhannya saling terintegrasi selama 3 minggu. Hal itu demi memperkuat soliditas dan sinergi TNI Polri sebagai pilar utama penjaga NKRI.

"Pembekalan Presiden akan berharga untuk para Capaja ketika nanti akan menghadapi tugas dan tantangan yang dihadapi. Untuk pengabdian terbaik pada bangsa dan negara," Tito menandaskan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.