Sukses

Rayakan HUT ke-19, Ini Tujuh Pedoman PKB

Salah satunya, PKB menentang setiap upaya dan kegiatan apa pun yang berusaha memecah-belah bersumbu pada suku agama ras golongan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merayakan hari ulang tahun yang ke-19. Di bawah  Ketua Umum Muhaimin Iskandar, seruan partai besutan Abdurrahman Wahid ini menegaskan tujuh poin dasar partai sebagai pedoman.

"Pertama, PKB tetap tegas menolak setiap pandangan yang ingin mengubah dasar negara tanah air Indonesia yang telah diwariskan para pendiri bangsa," tegas pria karib disapa Cak Imin di Lapangan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu 22 Juli 2017.

Poin kedua, lanjut Cak Imin, PKB menentang setiap upaya dan kegiatan apa pun yang berusaha memecah-belah  bersumbu pada suku agama ras golongan.

"Ini bukan saja potensial aktual menjadi ancaman bagi kita. Bahkan sejak adanya gemuruh sosial media, caci maki dan kekerasan tekstual (juga) mengancam keberaamaan dan persaudraan kita," sambungnya.

Karena itu, lanjut dia di poin ketiga dan keempat, PKB akan terus melawan tegas segala bentuk intimidasi kekerasan, dan paksaan dari mana pun. Serta, mengajak berkonsentrasi, terutama pada hal mendesak yang terus kita hadapi.

"Yaitu masalah pangan dan pertanian, agar terus menjadi bagian dari kemajuan ekonomi. Karena itu (perlu) dukungan kebijakan lahan, dukungan sarana produksi, policy, yang menguntungkan petani," terang dia.

Selain pertanian, Cak Imin juga menyinggung kesejahteraan di sektor perikanan. Kebijakan pada nelayan di poin kelima menjadi hal paling ditekankan.

"Mengurus nelayan dan potensi sumber daya alam kita. Nelayan mengkritik karena kebijakan (pemerintah)  belum bisa mengatasi penderitaan nelayan kita," ujar Cak Imim.

Terakhir di poin enam dan tujuh, ketimpangan dan soliditas antar kader menjadi kunci masa depan partai.

"Pemenuhan hak hak dasar, fasilitas sosial karena semua bersumbu pada ketimpangan yang harus diatasi secara politik dan ekonomi secara mendasar. Karena itu, Kader secara internal mengajak untuk terus mendidik dan mendisiplinkan diri mari kita all out mengurus rakyat," pungkas Muhamin Iskandar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.